Target PAD Kota Mataram Tahun 2017 Sebesar Rp 300 Miliar

Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Mataram (Global FM Lombok)- Berdasarkan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS), Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram tahun 2017 mendatang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016 ini menjadi Rp 300 miliar. Peningkatan ini dengan melihat potensi PAD yang cukup besar di Kota Mataram namun tidak dikelola dengan maksimal.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram I Wayan Sugiartha kepada Global FM Lombok Senin (14/11) di Mataram. Ia mengatakan, target PAD tahun depan dinilai bisa tercapai dengan memaksilkan sumber pendapatan, Sumber Daya Manusia (SDM) serta mekanisme yang harus diterapkan. Selama ini, upaya yang dilakukan pihak eksekutif untuk mencapai target PAD tahun 2016 ini masih belum maksimal sehingga banyak terjadi kebocoran seperti retribusi parkir yang tidak pernah mencapai target.

“Kita melihat secara kasat mata potensi itu, memungkinkan untuk ditingkatkan. Belum lagi peningkatan dari peningkatan SDM, peningkatan sumber-sumbernya termasuk mekanismenya. Kan tadi pak Dispenda mengungkapkan mengenai typing box, nah ini kita harapkan disemua bisa terpasang seperti itu. Sudah berusaha tapi belum maksimal masih ada yang bocor,”kata Sugiartha

Pihak eksekutif harus memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk memaksimalkan capaian PAD. Sehingga diduga ada ketidakcocokan data sumber PAD yang dimiliki oleh pemerintah dengan yang ada di lapangan.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram menyebutkan, tahun 2016 ini target PAD yaitu sebesar Rp 288 miliar. Dengan peningkatan target PAD ini, pihak eksekutif meminta agar DPRD Kota Mataram membantu dalam memaksimalkan capaian PAD. Arah kebijakan belanja daerah dalam KUA PPAS tahun 2017 mendatang yaitu belanja tidak langsung sebesar 46,28 persen dan belanja langsung sebesar 53,71 persen.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply