Pergerakan Arus Mudik Melalui LIA Terus Meningkat

Bandara Internasional Lombok (BIL)/ LIA

Bandara Internasional Lombok (BIL)/ LIA

Mataram (Global FM Lombok)- Arus mudik dan arus balik melalui Lombok International Airport (LIA) terus mengalami peningkatan. Hingga H-2 lebaran ini, pergerakan penumpang di LIA sudah mencapai angka 10 ribu orang per harinya, dengan rata-rata keberangkatan sebanyak 4000 orang lebih dan kedatangan sebanyak 6000 orang lebih. Namun demikian, PT Angkasa Pura belum menerima adanya informasi terkait extra flight atau tambahan penerbangan dari maskapai penerbangan.

Hal itu dikatakan General Manager PT Angkasa Pura I LIA, I Gusti Ngurah Ardita di Mataram, Senin (4/6). Ia mengatakan, dibandingkan dengan tahun lalu dan hari-hari normal lainnya, terjadi peningkatan penumpang melalui LIA. Tahun lalu, jumlah penumpang sebanyak 4000 orang di waktu yang sama. Meski belum ada permintaan extra flight, menurutnya tetap bagus jika tingkat keterisian seat atau tempat duduk di atas 90 persen.

“Kalau kedatangan itu 6000 orang, kalau pergerakan sudah mencapai 10 ribu. Pergerakan itu minimal kita kalikan dua, jadi dia datang dan berangkat. Tapi trend nya sekarang, yang datang masih lebih banyak dibandingkan dengan yang berangkat. Artinya mereka masih ada di Lombok. Setelah pergerakan kita hitung totalnya sudah mencapai 10 ribu per hari”,ujarnya.

Ia menambahkan, pada lebaran tahun ini, jumlah kedatangan penumpang lebih banyak dibandingkan keberangkatan. Hal itu mengindikasikan bahwa pariwisata di NTB sudah semakin berkembang. Selain itu, libur lebaran kali ini bersamaan dengan libur sekolah dan libur PNS. Adapun terkait dengan TKI yang pulang, menurutnya belum terlalu signifikan. Pasalnya, jalur penerbangan international masih normal. Meski demikian, ada kemungkinan para TKI juga pulang melalui Jakarta mapun Bali. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply