Lebih Tinggi dari Nasional, NTB Alami Inflasi 1,08 Persen

Inflasi ( ilustrasi)

Inflasi ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Badan Pusat Statistik (BPS) NTB mencatat, laju inflasi provinsi NTB pada bulan Juni 2016 mencapai 1,08 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 122,48 pada bulan Mei 2016 menjadi 123,8 pada bulan Juni 2016. Angka inflasi ini berada di atas angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,66 persen. Inflasi ini terjadi lantaran adanya kenaikan indeks pada sejumlah komoditas, khususnya Kelompok Bahan Makanan sebesar 3,13 persen.

Hal itu dikatakan Kepala BPS NTB, Wahyudin Jum’at (1/7) di Mataram. Ia mengatakan, inflasi di Kota Mataram sebesar 0,87 persen dan Kota Bima sebesar 1,86 persen. Wahyudin melanjutkan, berdasarkan hasil pemantauannya, perkembangan harga berbagai komoditas secara umum menunjukkan kenaikan. Hal itu berkaitan dengan datangnya bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri.

Ditambahkan, untuk Kota Mataram, terdapat sekitar 364 jenis komoditas yang cukup memberi andil untuk menyumbang inflasi ini. Sementara di Kota Bima sebanyak 347 jenis komoditas. Komoditas yang cukup memberi sumbangan inflasi di Kota Mataram pada bulan Juni ini adalah daging ras, sate, kangkung dan lainnya. Sementara di Kota Bima adalah ikan bandeng, cumi, daun kelor dan lainnya. Ia mengatakan, mulai H-3 hingga H+3 lebaran Idul Fitri, pihaknya akan terus memantau perkembangan harga di pasar. (irs)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply