Kuliner Ramadhan, Sajian Ikan Bakar Ala Nipah Ada Jalan Lingkar Selatan

Ikan bakar di jalan lingkar Mataram

Ikan bakar di jalan lingkar Mataram

Mataram ( Suara NTB)- Menikmati ikan bakar kini tidak hanya pergi ke pantai Nipah, Lombok Utara. Di Kota Mataram, tepatnya di Jalan Lingkar Selatan wilayah Sembalun, Tanjung Karang mulai dijejali dengan lapak-lapak ikan bakar. Beberapa tahun yang lalu, dilokasi ini belum ada kuliner ikan bakar, namun sekarang warga dengan mudah menemukannya.

Inaq Khadijah, salah seorang penjual ikan bakar kepada Suara NTB menuturkan, dialah yang pertama kali berjualan ikan bakar di tempat ini pada tahun 2013 lalu. Karena banyak dicari pembeli, sekarang ada belasan lapak semi permanen yang menjual ikan bakar segar setiap hari. Belum termasuk di Pantai Gading yang terletak di ujung selatan kota Mataram, terdapat banyak pedagang ikan bakar untuk para pengunjung.

Ikan yang dijual adalah jenis ikan laut seperti tongkol, cakalang, parean, kakap, pogot, lembain hingga baronang. Harga yang paling murah yaitu Rp 15 ribu per ekor untuk ukuran yang kecil. Sementara yang paling mahal sekitar Rp 55 ribu per ekor untuk jenis ikan kakap ukuran besar.

Inaq Khadijah menjual ikan mulai pagi jelang siang sampai sore. Jumlah ikan yang laku terjual bisa sampai 50 ekor dalam sehari. “ Alhamdulillah keuntungan bersih lumayan sekitar 100 ribu sehari. Kalau di bulan puasa ini lebih dari itu kita dapat untung karena pembeli banyak” kata Khadijah.

Pembeli ikan bakar  kebanyakan langsung membawa pulang, karena hampir tidak ada tempat untuk menikmati ikan bakar di lapak. Tidak seperti di pantai Nipah yang menyediakan berugak dan lapak yang bersih untuk menikmati kuliner ikan laut ini. Meski demikian, para pembeli sering terlihat antre untuk menikmati ikan laut hasil tangkapan nelayan setempat.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply