Perbaikan Akses Jalan ke Kebon Kongok, Pemprov NTB Akan Bantu Rp 6 Milyar

Kepala Dinas PU NTB Wedha Magma Ardhi

Kepala Dinas PU NTB Wedha Magma Ardhi

Mataram (Global FM Lombok)- Pemprov NTB akan memberikan bantuan keuangan sebesar Rp 6 milyar kepada Pemkab Lombok Barat (Lobar). Anggaran tersebut akan digunakan untuk perbaikan akses jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Kebon Kongok Lobar dan rencananya akan dialokasikan di APBD murni 2017. Selama ini, akses jalan menuju TPA Kebon Kongok telah menjadi persoalan yang berkepanjangan antara Pemkab Lobar dan Pemkot Mataram karena dalam kondisi rusak.

Kepala Dinas PU NTB, Weda Magma Ardhi di kantor gubernur NTB mengatakan, bantuan keuangan ini diberikan kepada Pemkab Lobar karena akses jalan tersebut merupakan kewenangan Pemkab Lobar. Kajian teknis terkait pemberian bantuan keuangan ini kata Ardhi telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu dan sudah masuk ke dalam draf APBD NTB 2015. Namun, pemberian bantuan keuangan ini ditunda lantaran ada pemotongan APBD sebesar Rp 150 milyar oleh pemerintah pusat.

“Kebon Kongok itu kita akan berikan bantuan keuangan ke Lombok Barat nanti 2017 Rp 6 milyar. Anggaran itu perbaikan akses jalan yang sudah diusulkan sejak dulu. Mekanismenya Pemprov NTB tidak akan turun langsung karena tidak memiliki kewenangan. Jalan itu merupakan kewenangan pemkab Lobar sehingga pemberian bantuan keuangan tersebut akan diserahkan kepada Lobar”,katanya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah mulai melakukan pembahasan terkait rencana pemberian keuangan ini. Nantinya, pengelolaan anggaran perbaikan jalan ini akan diserahkan kepada Pemkab Lobar. Namun akan ada peraturan gubernur (Pergub) terkait dengan pelaksanaan anggaran tersebut dan harus dipatuhi oleh pemkab Lobar.

Di dalam Pergub tersebut, Pemkab Lobar berkewajiban menggunakan anggaran itu untuk perbaikan akses jalan ke TPA Kebon Kongok. Adapun Dinas PU NTB, katanya akan melakukan pengendalian serta mengasistensi pelaksanaannya di lapangan. “Untuk memastikan bahwa anggaran itu benar-benar digunakan untuk memperbaiki jalan itu”,katanya. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply