Sering Kekurangan Siswa, Pemerintah Diminta Dukung Maksimal Sekolah Swasta

Madrasah ( ilustrasi)

Madrasah ( ilustrasi)

Mataram ( Global FM Lombok)- Sekolah swasta termasuk pondok pesantren di NTB beberapa tahun terakhir banyak ditinggalkan oleh siswa. Ruang kelas banyak yang kosong karena peminat sekolah swasta menurun. Pemerintah diminta mendukung secara maksimal keberlanjutan sekolah swasta agar mampu berdampingan dengan sekolah negeri.

Hal itu disampaikan ketua komisi V bidang pendidikan DPRD NTB Hj Wartiah kepada Global FM Lombok Rabu (16/6) malam. Dia mengatakan, dalam sejarahnya keberadaan pondok pesantren ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itu dukungan dari segala aspek terhadap sekolah swasta dan pondok pesantren tidak boleh dibedakan dengan sekolah negeri.

Namun demikian, sekolah swasta juga diminta membangun manajemen atau pengelolaan pendidikannya dengan baik sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Karena banyak sekolah swasta yang baru muncul menjadi sekolah favorit karena pengelolaannya yang baik.

“Kita dengar di kota Mataram pondok pesantren atau sekolah swasta di kota Mataram itu minim peminat, itu saya kira masalah menajemen saja, cara megelola pondok pesantren sehingga tidak diminati di kota Mataram. Padahal disisi lain banyak pondok pesantren di kota Mataram yang maju. Yang kedua, disamping masalah manajemen, kita akui infrastrukturnya tidak memedai dibanding dengan sekolah negeri. Karena itu pemerintah harus memaksimalkan dukungannya ke sekolah swasta” kata Wartiah.

Sebelumnya Kepala SMA Muhammadiyah Mataram M Ardi Samsuri seperti yang dikutip Suara NTB kemarin mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir jumlah siswanya terus berkurang. Dari 15 ruang sekolah yang tersedia, sembilan ruang kelas diantaranya kosong karena tidak terpakai. Menurutnya kebanyakan siswa memilih sekolah negeri. Dia menduga sepinya peminat di sekolah swasta karena pemberlakuan program bina lingkungan di Kota Mataram dan kebijakan rombongan belajar di beberapa sekolah negeri yang diduga overlod atau melebihi kapasitas.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

1 Komentar

  1. Maola Anz19 June 2016, 12:14 at 12:14 pm

    ASSALAMUALAIKUM

Leave a Reply