Ekspor NTB Bulan Mei, 97 Persen Berupa Hasil Galian Tambang

Salah satu mesin pengolah batuan menjadi konsentrat di PT NNT Kabupaten Sumbawa Barat

Salah satu mesin pengolah batuan menjadi konsentrat di PT NNT Kabupaten Sumbawa Barat

Mataram ( Global FM Lombok)- Nilai ekspor provinsi NTB pada bulan Mei lalu memang cukup tinggi yaitu mencapai 74,7 juta dolar Amerika. Namun jenis barang yang diekspor mayoritas berupa hasil galian tambang non migas dengan persentase sebesar 97,08 persen. Artinya kurang dari tiga persen ekspor dalam bentuk produk pertanian dan UMKM milik masyarakat seperti perhiasan, produk keramik, buah-buahan, biji-bijian dan sayuran.

Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Provinsi NTB Wahyudin saat memberikan rilis Ekspor-Impor NTB di kantornya mengatakan,  ekspor barang galian tambang mencapai 72,5 juta dolar, kemudian perhiasan atau permata sebesar 2,1 juta dolar, buah-buahan senilai 13 ribu dolar, produk keramik senilai 11 ribu dolar  dan produk lainnya dengan nilai sekitar  5 ribu dolar lebih.

Dia merincikan, hasil galian tambang berupa konsentrat pada bulan Mei kemarin dikirim ke Jepang, Korea, China, Vietnam, Thailand, Taiwan dan Malaysia. Sedangkan perhiasan atau permata asal NTB dikirim ke Hongkong dan Australia. Sementara buah-buahan seperti melon dikirim ke Singapura dan Hongkong.

Pengiriman produk asal NTB tidak hanya melalui palabuhan atau bandara di NTB melainkan dikirim juga melalui provinsi lain. Seperti perhiasan dan permata dikirim melalui Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng. Ada juga produk keramik dari NTB dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply