Dukung Pengembangan KEK Mandalika, Pemprov NTB Akan Bangun Jalan Sepanjang 110 Kilo Meter

salah satu aktifitas pemeliharaan Jalan di pulau Lombok

salah satu aktifitas pemeliharaan Jalan di pulau Lombok

Mataram (Global FM Lombok)- Untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pemprov NTB melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan membangun jalan sepanjang 110 kilo meter mulai dari Montong Ajan hingga ke Kuta Lombok Tengah dan tembus Keruak Lombok Timur. Pembangunan jalan ini diperkirakan akan memakan anggaran antara Rp 1,5 hingga Rp 2 triliyun yang bersumber dari APBN dan APBD. Selain itu, tender proyek pengerjaan jalan ini akan dilakukan sebanyak satu kali untuk mempercepat proses penyelesaiannya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PU NTB, Weda Magma Ardhi di kantor gubernur NTB. Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun detail engineering design atau DED pembangunan jalan tersebut. Dari total panjang 110 kilo meter itu, sekitar 60 persen jalan dalam kondisi matap sementara sisanya masih berupa jalan tanah. Selain itu, kondisi jalan tersebut masih tinggi sehingga hanya bisa dilalui oleh mobil off road. Ia mengatakan, jalan sepanjang 110 kilo meter ini, akan diupayakan untuk dimulai dikerjakan pada tahun 2017. Berdarkan hasil evaluasi, salah satu penyebab kurangnya investasi di KEK Mandalika karena akses infrastruktur jalan yang masih lemah.

“Jadi mulai dari Pelangan, Pangantap- Montong Ajan-Kute sampai Keruak. Itu sedang kami susun programnya mudah-mudahan ini bisa untuk mempercepat dukungan provinsi untuk mengembangkan KEK Mandalika. Kami sedang susun itu untuk jalan sepanjang kurang lebih 110 kilo meter dengan dana berkisar antara Rp 1,5 sampai Rp 2 triliyun. Sumber dana kita akan coba dari APBD dan APBN. Kemudian kita upayakan dengan sistem multi years”,katanya.

Jika rutin dilakukan perbaikan jalan, kata Ardhi NTB bisa mengejar ketertinggalan akses infrastruktur di Nusa Dua Bali selama sekitar lima tahun. Seperti diketahui bahwa kompetitor KEK Mandalika ini adalah Nusa Dua Bali. Akses infrastruktur jalan di Nusa Dua kata Ardhi sudah sangat layak dan NTB masih tertinggal hampir 25 tahun.  Karena itu, Pemprov NTB harus bertindak cepat dan fokus untuk mendorong pengembangan KEK Mandalika yang telah menjadi program nasional ini. “Kalau jalan sudah bagus nanti Insya Allah yang lain-lain akan cepat masuk”,ujarnya. (dha)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply