Banyak Barang Ekspor Asal NTB Dikirim Dari Luar Daerah

pengapalan konsentrat PT NNT beberapa waktu lalu

pengapalan konsentrat PT NNT beberapa waktu lalu

Mataram (Global FM Lombok)- Banyak barang-barang dari wilayah NTB yang diekspor melalui pelabuhan atau bandara diluar daerah. Namun demikian, pintu ekspor juga dilakukan melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) dan pelabuhan Banete di Sumbawa Barat. Nilai ekspor provinsi NTB pada bulan April 2016 sebanyak 65,8 juta dolar Amerika. Sebagian besar barang yang diekspor berupa bahan galian tambang dengan nilai 64 juta dolar lebih.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi NTB Ni Kadek Adi Madri saat memberikan ekspos ekspor impor Senin ( 16/5). Dia mengatakan, selain bahan galian tambang, barang-barang ekspor asal NTB berupa perhiasan permata, ikan dan udang, buah-buahan, kayu atau barang dari kayu serta bahan anyaman. Banyak dari barang ekspor tersebut dikirim melalui pelabuhan Tanjung Periuk, Tanjung Perak dan bandara Ngurah Rai Bali.

Hasil produksi dari NTB banyak dikirim ke Negara-negara Asia termasuk ke Australia. Perhiasan atau permata dikirim ke Australia dengan nilai penjualan sebesar 875 dolar Amerika. Ikan dan udang dikirim ke Negara Vietnam, Taiwan dan Singapura dengan nilai sekitar 37 ribu dolar Amerika. Sementara buah-buahan dikirim ke Singapura dan Hongkong dengan nilai sekitar 12 ribu dolar.

Adapun bahan galian tambang hasil produksi PT Newmont Nusa Tenggara ( NNT) pada bulan April dikirim ke sejumlah Negara seperti Jepang, Korea dan China. Galian tambang lebih banyak dikirim melalui pelabuhan Benete di Kabupaten Sumbawa barat.(ris)-

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply