Museum Negeri NTB Pikat Wisatawan Asing Yang Berlibur ke Lombok

Museum Negeri NTB

Museum Negeri NTB

Mataram (Global FM Lombok)- Museum Negeri NTB berupaya memikat wisatawan asing yang sedang berlibur di pulau Lombok untuk datang mengunjungi tempat ini. Museum NTB bekerjasama dengan kapal pesiar yang sandar di Lombok agar tamu-tamunya mengunjungi Museum dalam rangka mengisi liburan yang menambah pengetahuan.

Kepala Museum Negeri NTB Baiq Rahmayati kepada Global FM Lombok mengatakan, angka kunjungan ke Museum beberapa tahun terakhir memang cukup tinggi. Tahun 2013 angka kunjungan Museum NTB sebanyak 46 ribu, tahun 2014 naik menjadi 77 ribu dan 2015 menjadi 79 ribu kunjungan.

“ Sekarang mulai ya baik itu asing, kita juga kerjasama dengan kapal pesiar. Jika mereka kesini, ada pelayanan-pelayanan yang lebih berbeda . Kita juga kerjasama dengan produk-produk IKM ya. Disana ada produk-produk ketak, kalau mereka ( wisatawan asing-red) datang, penjualannya bisa sampai 1 jutaan. “ kata Baiq Rahmayati

Baiq Rahmayati mengatakan, jumlah koleksi benda-benda yang disimpan di Museum NTB sebanyak  7.698 item. Namun hanya 10 persen koleksi yang dipamerkan di dalam ruangan Museum karena tempatnya yang terbatas. Beberapa tahun terakhir, ada beberapa koleksi yang ditambah seperti koleksi jaran kamput, replika sabuk emas, pakaian adat Bayan, buku-buku tentang pakaian adat dan lain sebagainya.

Namun yang tidak kalah penting menurutnya adalah mendesain Museum agar anak-anak senang datang ke Museum. Misalnya penyediaan alat edukasi berbasis IT, permainan game yang bernuansa sejarah dan penyediaan beberapa tempat sebagai lokasi selvi.(ris)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply