UN Peserta Difabel Gunakan Huruf Braille

Seorang siswa SLB Selagalas sedang mengikuti UN SMP. foto ; dokumen

Seorang siswa SLB Selagalas sedang mengikuti UN SMP. foto ; dokumen

Mataram (Global FM Lombok)- Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) dari penyandang difabel di Sekolah Luar Biasa (SLB) Selagalas Mataram yaitu hanya satu siswa yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara. Bentuk soal ujian yang digunakan oleh peserta yaitu huruf braille yang dibuat langsung oleh pemerintah pusat. Peserta UN di SLB Selegalas bernama Hirnaliati.

Demikian disampaikan guru SLB Selagalas Mataram Juhada kepada Global FM Lombok Selasa (10/05) di Mataram. Ia mengatakan, mata pelajaran yang di ujikan pada hari kedua yaitu Matematika. Pelaksanaan ujian akan digelar selama empat hari yaitu dari tanggal 9-12 Mei mendatang. Diterangkannya, untuk try out pihak sekolah tidak menggunakan huruf braille melainkan membacakannya.  Sehingga waktu yang diberikan oleh pihak sekolah pada saat pelaksanaan tryout cukup lama.

Diterangkan Juhada, pelaksanaan ujian nasional untuk peserta yang berkebutuhan khusus diberikan tambahan waktu sekitar 15-20 menit setiap mata pelajaran. Sementara untuk pelaksanaan kegiatan belajar menjelang UN, pihak sekolah memberikan bimbingan khusus kepada siswa untuk mata pelajaran yang diujikan. Selama pelaksanaan ujian, pihak sekolah menilai tidak terjadi kendala apapun.

Setelah pelaksanaan UN tingkat SMP, pada hari Senin (16/05) mendatang, SLB Selagalas Mataram akan menggelar ujian tingkat Sekolah Dasar (SD). Peserta ujian untuk tingkat SD di sekolah ini sebanyak dua orang siswa.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply