Remitansi TKI NTB Bulan Maret Capai 157 Miliar

Kepala BPS NTB wahyudin

Kepala BPS NTB wahyudin

Mataram ( Global FM Lombok)- Remitansi atau kiriman uang TKI asal NTB yang bekerja di luar negeri setiap bulan jumlahnya bervariasi. Pada bulan Maret lalu, Badan Pusat Statistik ( BPS) NTB mencatat jumlah remitansi TKI mencapai Rp 153 miliar. Angka itu hanya berdasarkan data yang diambil dari Bank Indonesia dan kantor pos.

Hal itu disampaikan Kepala BPS NTB Wahyudin dalam rilisnya awal bulan Mei ini. Wahyudin mengatakan, jumlah uang TKI yang dikirim melalui bank pada bulan Maret sebesar Rp 35 miliar. Sementara uang yang dikirim melalui kantor pos sebanyak Rp 117 miliar lebih.

Wahyudin mengatakan, tren remitansi tidak pernah berubah. Dimana TKI yang bekerja di Saudi Arabia menjadi penyumbang remitansi terbesar setiap bulan atau setiap tahun. Dari Januari sampai Maret 2016 saja, jumlah remitansi yang dikirim dari Saudi Arabia mencapai Rp 55 miliar lebih. Angka itupun hanya yang dikirim melalui bank saja, belum uang yang dkirim melalui kantor pos yang jumlahnya ratusan miliar.

Setiap tahun, jumlah remitansi TKI NTB berbeda-beda. Tahun 2014 misalnya, remitansi dari semua negara tujuan bekerja sebesar Rp 1,4 triliun, tahun 2015 jumlah remitansi sebesar Rp 1,7 triliun dan tahun 2016 hingga bulan Maret mencapai Rp 474 miliar.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply