Wartawan di Mataram Peringati Hari Kebebasan Pers

Aksi teatrikal dalam rangka peringatan hari pers internasional di Mataram

Aksi teatrikal dalam rangka peringatan hari pers internasional di Mataram

Mataram (Global FM Lombok)- Puluhan wartawan di Kota Mataram yang berasal dari sejumlah perwakilan media baik media cetak, radio, televisi dan online Selasa ( 3/5) pagi turun ke jalan guna memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Mei. Aksi berlangsung di depan kantor Gubernur NTB Jalan Pejanggik Mataram.

Perwakilan dari PWI, IJTI dan AJI Mataram melakukan orasi yang berisi desakan agar seluruh jajaran birokrasi di NTB, pimpinan partai politik, ormas dan kalangan pengusaha agar sama-sama menghormati kebebasan pers dengan cara tidak mengintervensi ruang redaksi. Menurut Koordinator Aksi Haris Mahtul, kebebasan pers perlu terus disuarakan agar hak publik untuk memperoleh informasi yang sehat dan mencerdaskan dapat terpenuhi.

“ Kini pemberedelan media bukan lagi pemberangusan media, namun dalam bentuk intervensi ke pemilik media. Intervensi-intervensi halus namun semuanya berdampak seperti misalnya pengusaha-pengusaha, parpol menguasai media saat ini. Tujuannya untuk membela kepentingan mereka, lantas dimana kebebasan untuk memberitakan kebenaran” kata Haris Mahtul yang merupakan pengurus AJI Mataram ini.

Dalam kesempatan itu ikut juga kalangan pers mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Mataram. Mereka menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan para penguasa atau pemilik modal dengan gampang menyetir media untuk kepentingan mereka. Dalam kesempatan itu sejumlah pimpinan organisasi kewartawanan juga menyerukan kepada kalangan jurnalis untuk terus bekerja secara professional, beretika dan menolak untuk dibungkam.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply