Festival Tambora, Seribuan Wanita Dompu Gelar Parade Rimpu

Parade Rimpu di Doro Ncanga Dompu

Parade Rimpu di Doro Ncanga Dompu

Dompu (Global FM Lombok)-Seribuan wanita di kabupaten Dompu ikut meramaikan parade Rimpu dalam rangka Festival Pesona Tambora yang terpusat di wilayah Doro Ncanga Kabupaten Dompu. Parade Rimpu digelar Jumat (15/4) sore dengan mengambil rute tiga kilo meter sebelum mencapai finish.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi bersama Ibu Erica Zainul Majdi hadir dalam parade Rimpu tersebut. Hadir pula Bupati Kabupaten Dompu H Bambang M Yasin dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara KemenparEsthy Reko Astuti.

Bupati Dompu Bambang M Yasin mengatakan, rimpu merupakan busana perempuan yang merupakan warisan budaya Mbojo yang tidak boleh ditinggalkan oleh generasi sekarang. Parade rimpu kali ini merupakan lanjutan dari parade tahun 2015 lalu yang mencatat rekor MURI dengan peserta sebanyak 13 ribu orang lebih.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan, parade Rimpu akan tetap digelar pada tahun-tahun mendatang. Dia berharap agar parade ini dikemas dengan baik agar bisa menjadi potensi pariwisata di daerah ini.

“Berharap kita akan gelar lagi festival rimpu ini. Kita kemas dengan baik agar bisa menjadi potensi, orang bisa mengatahui apa rimpu ini. Cara memasang antara gadis dengan yang sudah berkeluarga itu beda. Itu menarik karena mungkin ada filosofi disana.” Kata Esthy.

Dalam kesempatan itu juga digelar tradisi puru timbu atau membakar makanan dari ketan dengan wadah bamboo. Timbu ini adalah salah satu kuliner khas masyarakat Bima dan Dompu yang ditampilkan dalam Festival Pesona Tambora 2016 ini. Esthy juga meminta agar tradisi puru timbu ini dikemas dengan baik agar mampu  menjadi daya tarik wisata ke daerah ini.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply