judul gambar

Jelang MTQ Nasional, Lift Minaret IC Mangkrak ?

Ismaic Center (IC) NTB tempat akan digelarnya MTQ tingkat nasional tahun 2016 mendatang

Ismaic Center (IC) NTB tempat akan digelarnya MTQ tingkat nasional tahun 2016 mendatang

judul gambar

Mataram (Global FM Lombok)- Komisi IV DPRD NTB bidang infrastruktur menyoroti lift di minaret 99 Islamic Center (IC) NTB yang mangkrak karena rusak. Seharusnya, semua fasilitas serta sarana prasarana di IC sudah beres menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional yang akan digelar di NTB Juli hingga Agustus mendatang. MTQ tingkat nasional ini akan dipusatkan di gedung IC.

Wakil ketua komisi IV bidang infrastruktur DPRD NTB, Suharto dalam rapat paripurna DPRD NTB yang digelar Senin (11/04) mengatakan, sebelum mengalami kerusakan, lift tersebut hanya beroperasi selama beberapa waktu sejak dioperasikan pada tahun 2014 lalu. Saat ini, lift tersebut mangkrak. Padahal, IC juga akan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata religi khususnya di Minaret 99. Ia mengatakan, lift tersebut masih baru namun belum maksimal digunakan oleh masyarakat padahal harganya terbilang besar.

‘Jadi saya melihat, sejak berdirinya minaret atau menara 99 itu ada fasilitas yang utama yang terabaikan. Yaitu vertikal transportasi berupa lift. Mungkin karena commissioningnya yang kurang komprensif sehingga kalau dites itu getarannya terlalu keras yang berdampak sampai saat ini mesinnya mangkrak. Lift tersebut mangkrak akibat motor penggeraknya rusak mungkin karena rell nya yang kurang diperhatikan pada saat komisioning”,katanya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB Ahmad Machul mengatakan, Pemprov NTB akan memperbaiki lift tersebut pada April ini sehingga bisa tuntas sebelum pelaksanaan MTQ nanti. Meski tak menyebutkan angka secara pasti, namun Pemprov NTB melalui Biro Umum telah menganggarkan perbaikan lift Minaret 99 IC itu. Ia menuturkan, sejatinya lift itu merupakan hibah dari PT Newmont dan dipasang oleh kontraktor pelaksana dari Newmont.

“April ini sudah (diperbaiki), itu masalah mesin bagian dari liftnya ada yang kendal. Perbaikin itu sudah dianggarkan di Biro Umum. Walaupun secara resmi belum dibuka, sempat dimanfaatkan oleh masyarakat lift itu”,katanya. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply