Dikes NTB Jamin Kelancaran Distribusi Vaksin ke Kabupaten Kota

M Amin di dalam cold chain Dinas Kesehatan Mataram

M Amin di dalam cold chain Dinas Kesehatan Mataram

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Kesehatan Provinsi NTB menjamin distribusi vaksin ke seluruh kabupaten kota di NTB. Pengiriman vaksin dilakukan rata-rata sekali tiga bulan atau paling cepat dua bulan sekali untuk memenuhi kebutuhan setiap fasilitas kesehatan. Meski demikian, terkadang distribusi vaksin sedikit terganggu terutama pada saat proses kontrak antara pemerintah dengan biofarma selaku produsen vaksin.

Hal itu disampaikan pengelola cold chain pada dinas Kesehatan Provinsi NTB Muhammad Amin kepada Global FM Lombok Senin (11/4) di Mataram. Amin mengatakan, meski sedikit terganggu, namun dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan bisa mengatur penggunaan vaksin tersebut. Vaksin di simpan di temat khusus dengan suhu antaran 2 – 8 drajat Celsius. Khusus vaksin polio disimpan di ruangan yang memiliki suhu 20 drajat Celsius.

Amin mengatakan, ada enam jenis vaksin yang disimpan di ruangan dengan suhu 2-8 drajat Celsius yaitu vaksin BCG, hepatitis B, DPT Hib, polio, campak dan TT/DT. Dia mengakui di Kota Mataram sering terjadi pemadalam listrik, namun ada mesin diesel yang dihidupkan untuk menjaga suhu vaksin. Saat ini ruang penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan Provinsi NTB sedang diperluas untuk meningkatkan kualitas ruangan penyimpanan.

Sementara itu bagian distribusi vaksin Biofarma Dhany Ramdhan mengatakan, pihaknya melakukan pengiriman vaksin ke seluruh daerah di Indonesia melalui jalur darat serta jalur laut. Namun pola pengemasan sudah standar agar tidak terjadi penurunan suhu didalam kotak pengemasan.(ris)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply