Tahun Ini, PDAM Giri Menang Kembali Pasang Enam Ribu Sambungan Gratis

PDAM

PDAM

Mataram (Global FM Lombok)- PDAM Giri Menang Mataram kembali memasang enam ribu sambungan baru tahun 2016 ini dengan rincian tiga ribu sambungan untuk Kota Mataram dan tiga ribu sambungan di Lombok Barat. Saat ini konsultan independen sedang melakukan verifikasi terhadap calon penerima sambungan air gratis dari PDAM.

Dirut PDAM Giri Menang Mataram H Ahmad Zainy kepada Global FM Lombok mengatakan, anggaran sambungan gratis ini berasal dari APBN. Jika ditotal dari awal, program sambungan baru gratis ini sudah mencapai sekitar 30 ribu sambungan. Meski sambungan air tidak dipungut biaya, namun pembayaran setiap bulan harus dilakukan oleh konsumen PDAM.

“Jadi sekarang ini sedang dalam proses verifikasi dari konsultan independen untuk memastikan yang berhak itu betul-betu yang dapat. Sekarang ini tiga ribu di kota dan tiga ribu di kabupaten” kata Zaini.

Dirut PDAM Giri Menang Mataram H Ahmad Zainy mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pihaknya akan memanfaatkan limpahan air di bawah Taman Narmada untuk didistribusikan ke pelanggan. Rencana proyek tersebut sedang dalam tahap sosialisasi di wilayah Narmada. Proyek besar ini dibiayai oleh APBN dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar.

Jika sumber air yang baru ini mampu menyuplai air sebanyak 300 liter per detik, maka diklaim kebutuhan masyarakat Lombok Barat dan Kota Mataram bisa dipenuhi untuk lima tahun kedepan.

Zaini mengatakan, jumlah pelanggan PDAM Giri Menang Mataram saat ini sudah mencapai 110 ribu pelanggan yang tersebar di kota Mataram dan Lombok Barat. Jumlah pelanggan PDAM terbesar di kota Mataram dengan persentase 78 persen, selebihnya berada di Lombok Barat. (ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply