Tahun Depan, Sekolah Gunakan UNBK Akan Ditambah

Walikota Mataram H Ahyar Abduh

Walikota Mataram H Ahyar Abduh

Mataram (Global FM Lombok)-Walikota Mataram H. Ahyar Abduh bersama SKPD terkait pemerintah Kota Mataram memantau secara langsung pelaksanaan ujian nasional (UN) di dua sekolah yaitu SMK Negeri 1 Mataram dan SMAN 2 Mataram. Pada tahun ini sekolah yang menggunakan sistem UNBK atau UN di kota Mataram sebanyak 10 sekolah saja.Namun pada UN tahun 2017 mendatang sekolah yang mengadakan ujian nasional berbasis komputer akan lebih banyak lagi.

Demikian disampaikan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh kepada Global FM Lombok Senin (04/04) di SMK 1 Mataram usai memantaupelaksanaan UN. Ia mengatakan, pemerintah Kota Mataram akan mendukung agar sekolah yang menggunakan sistem UNBK atau UN Berbasis Komputer bisa lebih banyak. Karena, pengunaan sistem UNBK dinilai lebih praktis. Sekolah yang menggunakan sistem UNBK dilakukan secara shif karena fasilitas yang dimiliki masih terbatas. Penggunaan sistem UNBK tersebut bisa menghemat biaya pencetakan naskah soal.

“Ya dia pake tiga shif karena keterbatasan anggaran. Tapi bias saja diinisiasi seperti itu. Kan biar tidak repot-repot naskah soal itu. Ya kita akan back up,’’kata Ahyar

Dicontohkan, SMK Negeri 1 Mataram menggunakan tiga shif. Jumlah siswa SMK Negeri 1 Mataram yaitu sebanyak 200 lebih dan komputer yang dimiliki yaitu sebanyak 80 unit. Pelaksanaan sistem UNBKjuga bisa dilakukan dengan menggunakan laptop siswa.

Ia mengatakan, dari pantauan yang dilakukan tidak ada siswa peserta UN yang tidak mengikuti ujian. Diharapkan hasil ujian tahun ini bisa lulus 100 persen. Namun, walikota Mataram menekankan tidak hanya kualitas ujian namun kuantitas.

Seperti diketahui, UN akan gelar selama tiga hari mulai tanggal 4-6 April. Sementara terkait dengan jumlah siswa yang mengikuti UN baik UNBK maupun manual yaitu sebanyak 7061 siswa.(azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply