Perkuat Usaha, UKM Pariwisata NTB Dilatih Manajemen Bisnis

Sony Budi Nugroho

Sony Budi Nugroho

Mataram ( Global FM Lombok)- Sebagian pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di NTB yang bergerak di dunia pariwisata diberikan pelatihan dan pembinaan selama lima hari pada bulan Maret hingga awal April. Pembinaan dilakukan oleh Program Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Regional Berkelanjutan atau SREGIP yang merupakan kerjasama Kementerian Bappenas dan GIZ Jerman.

Sony Budi Nugroho selaku Advisor Program SREGIP NTB kepada Global FM Lombok Senin ( 28/3) mengatakan, pelatihan menyasar usaha restoran, kelompok seni, transportasi, suplayer hotel, salon SPA dan lain-lain. Mereka dilatih oleh ahli trainer bisnis dari Australia dengan trainer lokal seperti ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) dan Pimpinan BRI Mataram.

Pelatihan terhadap pelaku UKM bidang pariwisata dilakukan untuk memperkuat posisi mereka dalam pengembangan bisnis usaha ditengah perkembangan wisata NTB yang semakin membaik.

“ Kita memiliki target untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan pengusaha pariwisata dalam hal ini UKM pariwisata. Pelatihan sebelumnya kami sudah memberikan pelatihan teknis operator, travel agent dan lain-lain” kata Sony

Sony Budi Nugroho mengatakan, materi pelatihan kepada para pelaku usaha wisata cukup spesifik yaitu perencanaan bisnis, riset pasar dan analisa resiko. Ada juga materi pemasaran dan pelayanan kepada pelanggan hingga pelatihan pembukuan. Pelaku UKM banyak terlibat dalam diskusi yang mendalam dengan para trainer sehingga transformasi keterampilan cukup efektif.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply