AHM Dorong Perhotelan Terus Gunakan Produk UKM Lokal

Reza Bovier menunjukkan mainan kunci yang dibeli dari UKM lokal

Reza Bovier menunjukkan mainan kunci yang dibeli dari UKM lokal

Mataram ( Global FM Lombok)- Usaha Kecil Menengah (UKM) membutuhkan pasar yang jelas untuk menjual semua produksinya. Karena itu Asosiasi Hotel Mataram ( AHM) memberi ruang kepada pelaku UKM untuk memasok hasil produksinya ke perhotelan asalkan sudah ada kesepakatan terkait dengan spesifikasi produk, sertifikasi halal , system pembayaran dan suplay dan permintaan produk.

Hal itu disampaikan Ketua AHM Reza Bovier dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan bisnis bagi UKM industry pariwisata yang digelar di Hotel Santika Mataram Senin ( 28/3). Reza justru mengkritik kebijakan sejumlah pusat perbelanjaan di Mataram yang tidak memberikan tempat yang strategis bagi UKM saat pameran, sepeti ditempatkan di areal basement.

Menurutnya, UKM lokal mestinya diberikan ruang yang bagus untuk memajang hasil produksinya agar banyak dilirik oleh konsumen. Seperti halnya beberapa hotel di kota Mataram, terasuk hotel Santika yang memberi ruang untuk jualan bagi UKM di depan lobi hotel secara cuma-cuma.” Berani tidak mall memajang produk UKM di tempat utama? Mestinya begitu” katanya.

Dia juga menyorot pengelola café di Senggigi yang minim memanfaatkan musisi lokal untuk menghibur para tamu. Biasanya grup band yang dikontrak dalam jangka waktu beberapa minggu atau bulan adalah band yang berasal dari Jakarta, Bandung dan dari daerah lainnya. Untuk memberdayakan pengusaha lokal, termasuk musisi lokal, mestinya pengelola hiburan di Lombok lebih banyak memanfaatkan mereka.

Sementara itu Pimpinan BRI Mataram M Taufik Anwar mengklaim, andil perbankan dalam mendukung usaha pariwisata cukup besar seperti kucuran kredit ke UKM dan pengembangan hotel. Selama ini BRI Mataram sudah membiayai pengembangan 11 hotel. Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang membuat aneka souvenir untuk pariwisata juga banyak diberikan kredit. “ Kita 100 persen dukung pengembangan UKM”. Kata Taufik.(ris)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply