NTB Tuan Rumah Rakornas KPI, Digelar Seminar Internasional Tentang Pengawasan Siaran

dialog ketua  KPID NTB Sukri Aruman

dialog ketua KPID NTB Sukri Aruman

Mataram ( Global FM Lombok)- Provinsi NTB kembali menjadi tuan rumah event nasional di akhir Maret ini yaitu Rakornas KPID seluruh Indonesia. Rakornas digelar dari tanggal 31 Maret – 3 April mendatang dengan sejumlah agenda yang penting lainnya dengan jumlah tamu sekitar 700 orang baik dari dalam maupun dari lura negeri. Salah satu agendanya yaitu seminar Internasional dengan menghadirkan pembicara anggota komisi penyiaran dari Negara lain seperti Malaysia, Thailand, Australia dan Prancis.

Hal itu disampaikan ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB Sukri Aruman kepada Global FM Lombok di Mataram Selasa (22/2). Sukri mengatakan, hadirnya anggota komisi penyiaran dari Negara lain untuk berbagi pengalaman kepada masyarakat Indonesia terkait dengan pengawasan lembaga penyiaran di Negara masing-masing.

Dia mengatakan, akan digelar juga seminar nasional harsianas dengan tema “ mengawal kebijakan Negara di era konfergensi media” untuk membedah seperti apa kebijakan negara mengatur media di era konfergensi. Lembara penyiaran di NTB diharapkan bisa mengambil materi siaran dari sejumlah agenda Rakornas tersebut agar bisa diketahui oleh masyarakat.

Sukri Aruman mengatakan, dipilihnya provinsi NTB sebagai tuan rumah Rakornas KPID se Indonesia menjadi moment yang bagus bagi daerah ini untuk menunjukkan jati diri sebagai tuan rumah yang baik. Yang tidak kalah pentingnya yaitu diharapkan serangkaian agenda KPI di NTB bisa melahirkan inspirasi baru dalam rangka menciptakan penyiaran yang bermartabat.

“Dari KPID mengajak media penyiaran ambil bagian dalam acara ini, seperti literasi media dalam rangka keluarga NTB cerdas media, sekolah P3SPS atau semacam uji kompetensi pelaku media penyiaran. Nanti diundang pelaku penyiaran nasional yang bisa berbagi pengalaman dan juga teman- teman dari KPI pusat yang berbagi pengalaman terkait pengawasan media” ujar Sukri..

Nantinya akan digelar pula pemberian penghargaan kepada sejumlah tokoh berpengaruh di Indonesia yang peduli penyiaran. Salah satu tokoh berpengaruh yang peduli penyiaran yaitu gubernur NTB TGH M Zainul Majdi.” Karena pak Gubenur kita anggap sangat peduli terhadap penyiaran di NTB” ujarnya.

Dalam Rakornas KPI tersebut dijadwalkan dibuka oleh presiden Jokowi dan akan dicanangkan tanggal 1 April sebagai hari penyaiaran nasional. Sampai saat ini belum ada disposisi ke pejabat lain sehingga kehadiran presiden belum ada perubahan. Namun demikian KPI pusat terus menunggu kepastian Jokowi hadir di NTB. (ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply