Jelang Usia 13 Tahun, Radio Global FM Lombok Terima IPP Tetap

Mataram ( Global FM Lombok)- Menjelang hari jadi yang ke 13 tahun pada bulan Mei mendatang, Radio Global FM Lombok memperoleh perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) Tetap yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Penyerahan IPP Tetap tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB Sukri Aruman kepada Direktur radio Global FM Lombok H Agus Talino di Studio Radio Global Jl Bangau No 15 Cakranegara, Selasa (22/3).

Penyerahan dokumen IPP tetap disaksikan pula oleh anggota KPID NTB lainnya seperti Mariati, SH, MH, Suhadah, SE, MSi dan Rifki Anwar SH, M.Kn. IPP Tetap ditandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tanggal 15 Februari 2016. IPP Tetap untuk radio berlaku selama lima tahun kedepan.

Ketua KPID NTB Sukri Aruman berharap dengan terbitnya IPP Tetap ini Radio Global FM Lombok semakin produktif dalam menyuguhkan program siaran yang edukatif bagi masyarakat. Dalam event KPID NTB Award yang sudah digelar oleh KPID beberapa tahun terakhir, Radio Global memang tetap tampil sebagai juara di kategori berita.

“Kami KPID NTB berharap dengan diterimanya IPP tetap ini semakin menguatkan komitmen jajaran manajemen untuk menjadi radio berita. KPID selalu mengapresiasi segala bentuk kreatifitas, dedikasi dan kontribusi yang diberikan Global FM dalam rangka ikut membangun daerah melalui penyiaran. Segala hal yang terkait dengan kiprah Global FM bagai kami menjadi inspirasi bagi media lain untuk membuat program yang mencerdaskan “ kata Sukri.

Sukri Aruman mengatakan, usia Radio Global FM Lombok yang akan menginjak 13 tahun pada bulan Mei mendatang menjadi momentum untuk lebih banyak berkiprah membangun daerah dan masyarakat melalui siaran yang berkualitas. Usia 13 tahun artinya sedang beranjak remaja dalam analogi perkembangan manusia, sehingga kreatifitas sangat dituntut untuk menghibur dan mendidik masyarakat.

Sebelum mengantongi IPP Tetap lagi, Radio Global FM Lombok telah mengikuti kegiatan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) dengan KPID NTB bulan Februari tahun 2015 lalu. Dalam acara EDP satu tahun lalu itu hadir seluruh pimpinan dan anggota KPID NTB, pemohon yang dipimpin oleh direktur radio Global FM Lombok H Agus Talino serta empat orang narasumber. Beberapa narasumber diluar komisioner KPID yang hadir adalah praktisi penyiaran H Bochri Rahman, SH, Kadisbudpar Kota Mataram H Abdul Latif Najib, Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Mataram serta pejabat dari Dishubkominfo kota Mataram.

Dalam kesempatan itu, para narasumber banyak memberikan masukan dan evaluasi bagi program-program yang dimiliki oleh Global FM Lombok. H Bochri Rahman dan H Abdul Latif Najib misalnya meminta agar Global FM memperbanyak siaran religi atau dakwah serta memberi ruang yang cukup untuk siaran kebudayaan.

Sementara itu, komisioner KPID NTB Suhadah memberi saran agar radio membuat survey pendengar untuk mengukur dan mengevaluasi pendengar terhadap program-program siaran. Selain itu, perlu juga ada “citizen journalism”  yaitu dengan memberikan kesempatan kepada seluruh pendengar untuk menyampaikan berita terkini di radio Global.

Sedangkan komisioner KPID NTB Badrun AM memberi masukan agar lembaga penyiaran radio tetap kreatif dalam menyusun program siarannya sehingga tetap hadir di hati masyarakat. “ harus ada inovasi yang lebih dinamis dan mengukur jumlah pendengar dari tahun-ke tahun” katanya.(ris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply