Tingkatkan SDM Pariwisata Berbasis Lingkungan, NTB Dibantu Universitas Amerika

Salah satu pemandangan hotel di Senggigi Lombok Barat (Senggigihotelslombok.com)

Salah satu pemandangan hotel di Senggigi Lombok Barat (Senggigihotelslombok.com)

Mataram (Global FM Lombok)- Provinsi NTB, akan dibantu oleh university of Rode Island di Amerika Serikat (AS) untuk mengembangkan pariwisata berbasis lingkungan. University of Rode Island adalah universitas di AS yang berkonsentarasi di sektor kelautan, pariwisata dan lingkungan. Universitas tersebut, akan bekerjasama dengan Universitas Mataram (Unram) dan akan membuat berbagai program untuk meningkatkan SDM masyarakat yang ada di sekitar wisata tersebut.

Hal itu dikatakan akademisi Unram Prof. Suarji kepada Global FM Lombok, Jum’at (18/03) usai menemui gubernur NTB TGH.M.Zainul Majdi bersama tiga orang peneliti dari University of Rode Island. Ia mengatakan, pemerintah daerah beserta stake holder terkait menginginkan pembangunan di NTB berbasisi go green. Namun, untuk menuju go green tersebut masih memerlukan pengetahuan dan lainnya, salah satunya melalui bantuan dari University of Rhode Island ini.

“Ini adalah utusan tertinggi Rode Island dari presidennya dari Amerika Serikat. Itu univerisitas yang kuat di bidang kelautan, lingkungan dan tourism. Dia akan membantu pmerintah daerah untuk mengembangkan SDM itu dan nanti ada kerjasamanya dengan Unram, macam-macam nanti programnya. Yang paling pokok itu meningkatkan SDM NTB”, katanya.

Ia mengatakan, lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi study tim dari university of Rode Island ini, adalah Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Diakuinya bahwa NTB sekarang ini memang sudah memiliki SDM yang mumpuni dalam bidang kelautan, tourism dan lingkungan ini. Hanya saja masih memerlukan SDM tambahan mengingat University of Rhode Island cukup pengalaman. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply