Trafik Layanan Data Telkomsel di Bali Naik 28 Persen Saat Hari Raya Nyepi

Telkomsel 4G LTE

Telkomsel 4G LTE

Denpasar (Global FM Lombok)- – Momen Hari Raya Nyepi kemarin dimanfaatkan oleh sebagian pelanggan setia Telkomsel yang berada di Bali dan sekitarnya untuk menikmati layanan data. Hal ini terbukti dengan trafik layanan data Telkomsel di Bali saat Nyepi meningkat 28% menjadi 79 gigabyte dibandingkan dengan hari normal sebesar 61 gigabyte setiap harinya.

Kenaikan trafik layanan data tertinggi di Bali terjadi di Kabupaten Jembrana sebesar 82%, diikuti Kabupaten Tabanan sebesar 63%, lalu Kabupaten Karangasem sebesar 62%. Sementara itu, trafik layanan suara secara umum cenderung menurun dibandingkan hari biasa, yakni dari 410 erlang setiap harinya menjadi 336 erlang pada Hari Raya Nyepi.

GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Danny A. Triawan memaparkan, “Meningkatnya trafik layanan data saat momen Hari Raya Nyepi di Bali menunjukkan perilaku komunikasi pelanggan belakangan ini yang lebih dominan memilih untuk menikmati layanan berbasis data seperti chatting, browsing, dan berinteraksi di media sosial dibandingkan dengan menggunakan layanan suara atau SMS. Hal ini terjadi mengingat di saat Nyepi sebagian pelanggan Telkomsel di Bali menghentikan rutinitas sehari-hari dan cendrung memanfaatkan gadget yang mereka miliki untuk berkomunikasi secara online.”

“Untuk mengantisipasi kenaikan trafik layanan data ketika Nyepi, kami juga telah menyiagakan seluruh perangkat sentral, akses radio, transmisi, dan catu daya yang sebagian besar berada di lingkungan pemukiman padat penduduk,” ungkap Danny menambahkan.

Saat ini Telkomsel Bali dan Nusa Tenggara telah menggelar lebih dari 1200 BTS 3G (Node B) dan lebih dari 250 BTS 4G (eNode B). Selain itu, peningkatan kualitas jaringan lebih diintensifkan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data, di mana sekitar 77% BTS yang dibangun pada tahun ini merupakan Node B dan 3% BTS eNode B.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply