Mudah Lihat Riwayat Pendidikan, Dikpora Akan Cantumkan NIK di Kartu Pelajar

Katu pelajar ( ilustrasi)

Katu pelajar ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga (Dikopra) Kota Mataram akan melakukan koordinasi dengan semua sekolah yang ada di Kota Mataram. Koordinasi dilakukan karena kartu pelajar kedepan rencananya akan dicantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ini dilakukan bertujuan agar bisa melihat riwayat pendidikan yang sudah ditempuh.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H. Sudenom kepada Global FM Lombok Kamis (17/03) di Mataram. Ia mengatakan, pencantuman NIK pada kartu pelajar akan mulai dilakukan pada tahun ajaran baru 2016 ini. Hal ini berdasarkan kesepakatan pemerintah Kota Mataram dengan Dirjen Administrasi Kependudukan Kemendagri Zudan Arif Fahrullah pada saat melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rabu kemarin.

Sudenom menerangkan, dengan kesepakatan tersebut, kedepan pihak sekolah meminta agar orang tua melampirkan kartu keluarga pada saat mendaftarkan anaknya. Dengan adanya kartu keluarga tersebut, pihak sekolah akan langsung mencantumkan NIK yang dimiliki. Menurutnya, sekolah tidak memiliki kendala untuk menerapkan kartu sekolah yang mencantumkan NIK. Karena setiap tahun pihak sekolah tetap mencetak kartu pelajar untuk peserta didik baru.

Sementara itu Dirjen Adminduk Kemendagri Zudan Arif Fahrullah mengatakan, dengan pencantuman NIK pada kartu pelajar tersebut akan mudah dilihat riwayat pendidikan mulai dari tingkat paling rendah seperti tingkat taman kanak-kanak. Dinas Dikpora Kota Mataram diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil terkait NIK para peserta didik. (azm)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply