Perubahan Cuaca, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Sembako dan sayuran

Sembako dan sayuran

Mataram (Global FM Lombok)-Beberapa harga kebutuhan pokok di pasar merangkak naik, terutama cabai, tomat, bawang merah dan beberapa kebutuhan lainnya. Diprediksikan, kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut karena perubahan cuaca beberapa bulan terakhir.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Karang Sukun Mataram Khairul Amni kepada Global FM Lombok Selasa (08/03) di Mataram menuturkan, harga cabai saat ini mencapai Rp 35-48 ribu perkilo, sebelumnya harga cabai Rp 20 ribu perkilo. Sementara harga tomat yaitu 20 ribu perkilo. Semula harga tomat hanya Rp 5.000 perkilo. Kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok ini tidak dipengaruhi oleh perayaan hari raya nyepi melainkan karena cuaca. Karena, dengan perubahan cuaca yang terjadi persediaan kebutuhan pokok berkurang.

Ia mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok ini mulai terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Perubahan cuaca yang dinilai bisa mengakibatkan beberapa hasil produksi pertanian seperti tomat cepat membusuk.

Sama halnya dengan Baiq Sairah mengakui, kenaikan harga yang terjadi dipengaruhi oleh perubahan cuaca terutama harga tomat. Sehingga, kenaikan harga terutama bumbu dapur mengakibatkan sepi pembeli.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply