Satu Juta Lebih Anak di NTB Akan Dibuatkan KIA

Contoh KIA di Kota Balikpapan

Contoh KIA di Kota Balikpapan

Mataram (Global FM Lombok)- Berdasarkan data sementara Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) NTB, sebanyak satu juta lebih anak di NTB akan dibuatkan Kartu Identitas Penduduk (KTP), dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA). KIA tersebut, akan diperuntukkan untuk anak berusia 0 – 17 tahun lantaran belum wajib KTP. Hal itu sesuai dengan aturan Kemendagri yang mewajibkan anak memiliki KIA mulai tahun 2016 ini.

Kepala Disosdukcapil NTB, Husni Thamrin kepada Global FM Lombok di Mataram mengatakan, saat ini Dinas Sosial Kabupaten Kota sedang memperivikasi data anak-anak yang wajib KIA. Diperkirakan perekaman pembuatan KIA ini akan dimulai pada bulan Maret mendatang di Dinas Sosial kabupaten kota. Pemerintah Kabupaten Kota seperti Kota Mataram, telah diminta untuk menjemput bola dan bergerak cepat agar pembuatan KIA ini bisa segera terealisasi di NTB.

“Kalau data yang lebih tepatnya, lebih dari 1 juta an lah untuk itu. Tapi belum semua, data kasarnya seperti itulah. Dalam catatan itu kan ada yang belum memiliki NIK, kartu keluarga, akte kelahiran, masih verifikasi nanti itu ada jumlah yang paling tepat. Tapi yang jelas, start nanti mulai untuk 2016 sudah kita pegang. Tidak begitu repot”, katanya.

Ia mengatakan, Dalam KIA tersebut, akan ada NIK anak yang akan digunakan juga ketika sudah bisa memiliki KTP. Karenanya, ia berharap masyarakat aktif untuk mendaftar kelahiran anak agar proses pembuatan KIA ini berjalan lancar. KIA ini katanya sangat diperlukan untuk melindungi anak. Berdasarkan fakta yang selama ini terjadi di lapangan, penyelesaian masalah anak seperti penculikan, pembunuhan dan lainnya masih terkendala lantaran tidak memiliki identitas yang jelas. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply