Dukung Pengoperasian Bus Publik, Pemerintah Daerah Harus Bangun Ratusan Halte

Bus publik ( ilustrasi)

Bus publik ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB menargetkan sebanyak 25 bus bantuan dari pemerintah pusat akan dioperasikan pada bulan April mendatang. Pemerintah daerah saat ini sedang menyiapkan fasilitas pendukung seperti pembangunan halte bus. Karena jumlah halte yang dibutuhkan yaitu seratus lebih.

Demikian disampaikan Kepala Dishubkominfo Provinsi NTB Agung Hartono kepada Global FM Lombok Rabu (24/02) di Mataram. Ia menyebutkan, lokasi yang sudah dibangunkan halte bus yaitu di kawasan Ampenan dan Cakranegara. Pembangunan halte tidak saja dianggarkan oleh pemerintah Kota Mataram melainkan pemerintah provinsi NTB dan pemerintah pusat.

Pada tahun ini pemerintah provinsi NTB kata Agung, menargetkan akan membangun 20 unit halte. Tidak hanya halte permanen, melainkan pemerintah akan mengadakan halte portable atau halte yang bisa dipindah-pindah. Hal ini dilakukan karena beberapa lokasi tidak memungkinkan pembangunan halte permanen.

“Dan masing-masing menyiapkan fasilitas penunjang baik itu dari pemerintah Kota Mataram, pemerintah provinsi dan Kementerian perhubungan RI, baik halte dan fasilitias lainnya. Ini yang terpasang sudah tiga unit Ampenan yang dari Kota Mataram ada dua di kawasan Kebon Roek dan Cakranegara juga ada. yang dibutuhkan seratus lebih. Tapi yang kita siapkan untuk 2016 ini halte portable artinya bisa digeser-geser,”katanya

Seperti diketahui, trayek yang akan dilalui oleh bus tersebut tidak hanya jalur Kota Mataram melainkan jalur provinsi dan nasional. Sehingga, pemerintah pusat juga akan membangun halte sekitar enam lokasi. Keberadaan halte dinilai sangat penting, karena pintu bus tersebut cukup tinggi.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply