Dua Juta Lebih Warga NTB Terima Bantuan KIS dari Pemerintah

Kepala BPS NTB wahyudin

Kepala BPS NTB wahyudin

Mataram (Global FM Lombok)- Jumlah warga NTB penerima program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahun 2016 mencapai 2.400.000 orang lebih. Saat ini KIS tersebut sedang didistribusikan kepada warga penerima oleh Badan Penyelenggara Jaminana Sosial (BPJS), melalui jasan pengiriman PT.JNE.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, Wahyudin kepada Global FM Lombok, di kantor gubernur NTB Jum’at (19/03). Ia mengatakan, warga penerima program KIS ini, bukan hanya untuk masyarakat miskin, namun juga melayani masyarakat hampir miskin dan rentan miskin. Pasalnya, masyarakat yang rentan miskin dan hampir miskin sangat mudah menjadi miskin ketika terjadi gejolak ekonomi dan inflasi.

“Kita di NTB ini untuk program KIS itu ada sekitar 2 juta 400 lebih orang penduduk kita yang mendapatkan kartu itu. Nah sekarang dia sedang disebar di wilayah NTB menggunakan pengiriman JNE itu dia pakai untuk mendistribusikan itu. Program ini termasuk juga untuk yang miskin, hampir miskin dan rentan miskin. Hampir miskin pun diambil karena yang hampir miskin itu sedikit aja gejolak, inflasi itu turun makanya itu juga diberikan bantuan untuk KIS’, katanya.

Sementara untuk program raskin, dikatakannya akan tetap didistribusikan oleh pemerintah. Hanya saja, belum bisa dipastikan berapa jatah atau kuota yang akan diterima oleh NTB pada tahun ini. Ia mengatakan, pendistribusian raskin tahun ini masih menggunakan data tahun 2014 lalu yang berjumlah 471.566 KK. Jumlah itu belum dipastikan apakah akan bertambah atau berkurang. Pasalnya, jumlah itu tergantung pada validasi data yang sedang dilakukan di Kementerian Sosial.

Ia mengatakan, hasil pendataan yang telah dilakukan oleh BPS pada tahun 2015 lalu, dari 1 juta 300 ribu rumah tangga, jumlah masyarakat dengan ekonomi terbawah sebanyak 840 ribuan rumah tangga yang telah masuk data base. Dari data itu, akan dipilih oleh pemerintah untuk diberikan bantuan seperti raskin dan lainnya. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply