Even Nasional Beri Kontribusi Besar Bagi Pelaku Usaha di NTB

GM Santika Lombok/ Ketua AHM Reza Bovier

GM Santika Lombok/ Ketua AHM Reza Bovier

Mataram (Global FM Lombok) – Even nasional yang digelar di NTB seperti Hari Pers Nasional (HPN) pada bulan Februari ini memberi kontribusi yang besar bagi pelaku usaha di daerah ini. Begitu juga agenda pelantikan kepala daerah secara serentak. Sebagai gambaran, tingkat hunian hotel atau okupansi di kota Mataram awal bulan Februari mencapai 71 persen. Padahal biasanya, tingkat okupansi hotel di awal tahun tidak lebih dari 40 persen.

Ketua Asosiasi Hotel Mataram ( AHM) Reza Bovier kepada Global FM Lombok mengatakan, hampir seluruh vendor UMKM yang menjual souvenir dan oleh-oleh khas Lombok laku keras pada saat HPN. Satu vendor bisa memperoleh penjualan hampir 100 juta selama peringatan HPN dari tanggal 6 – 10 Februari lalu.

Begitu juga rumah makan yang ada di kota Mataram mendapat pemasukan yang tidak kecil. Sejumlah rumah makan “Ayam Taliwang” yang banyak tersebar di kota Mataram mendapat tamu yang tidak sedikit selama kegiatan berlangsung. Kuliner khas Lombok ini memang relatif digemari oleh tamu dari luar daerah.

Sementara itu Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram ( BP2KM) Yusril Arwan mengatakan, sector transportasi juga mendapat untung yang cukup besar selama HPN berlangsung. Dia menuturkan, pengemudi taksi di Mataram bisa mendapat fee sampai 1 juta perhari karena tamu yang mengguakan jasanya cukup ramai. Biasanya fee pengemudi taksi pada hari-hari normal sekitar 200 ribu per hari.

Sementara pada event pelantikan kepala daerah serentak yang digelar tanggal 17 Desember ini, hotel-hotel juga kebanjiran tamu. Arnan, salah seorang tamu dari pulau Sumbawa menuturkan bahwa cukup sulit menemukan kamar yang kosong, terutama hotel non bintang di kota Mataram. Hampir semua kamar hotel sudah dipesan oleh tamu yang akan menghadiri acara pelantikan.(ris)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply