Kapasitas 80 Orang, Bus Trans Mataram Mulai Diuji Coba

Bus yang sedang menunggu penumpang di Terminal mandalika ( ilustrasi)

Bus yang sedang menunggu penumpang di Terminal mandalika ( ilustrasi)

Mataram (Global FM Lombok)-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram, melakukan uji coba terhadap bantuan bus yang diberikan oleh pemerintah pusat Selasa pagi. Bantuan bus yang diberikan berkapasitas 80 orang penumpang. Direncanakan, bus tersebut akan dioperasikan setelah 20 unit bus dikirimkan oleh kemenhub. Karena saat ini yang baru terkirim hanya 10 unit bus.

Demikian disampaikan Kepala Dishubkominfo Kota Mataram H. Khalid kepada Global FM Lombok Selasa (16/02) di Mataram. Ia menyebutkan, untuk pengoperasian 20 unit bus tersebut, akan dibuatkan peraturan gubernur. Pasalnya, trayek 20 unit bus itu lintas kabupaten kota. Selain, 20 unit bus yang akan dijadikan sebagai transportasi umum, pemerintah pusat juga memberikan lima unit bus perintis. Nantinya, lima unit bus tersebut akan melayani kawasan Sekotong, Bayan dan beberapa wilayah lainnya.

Direncanakan, tariff yang akan diberlakukan untuk bus Trans Mataram yaitu sebesar Rp 3.500. Tariff ini dinilai tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan tarif angkutan kota. Karena saat ini Dishubkominfo Kota Mataram memberlakukan tarif untuk angkutan kota yaitu sebesar Rp 4.500 untuk umum dan Rp 3.500 untuk pejalar.

Diterangkan Khalid, trayek untuk 20 unit bus tersebut yaitu Mataram-Senggigi-Narmada. Dengan pengoperasian bus trans Mataram, Dishubkominfo Kota Mataram akan memperbanyak jumlah halte. Karena saat ini, halte yang sudah dibangun yaitu baru tiga lokasi.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply