Kualitas Guru, Kunci Peningkatan IPM NTB

anies baswedan

anies baswedan

Mataram (Global FM Lombok)- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan, kualitas guru atau tenaga pendidik menjadi kunci peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB yang saat ini masih berada di posisi 30 dari 34 provinsi di Indonesia. Pasalnya, guru merupakan pendidik generasi muda yang sangat menentukan kualitas pendidikan anak.

Hal itu dikatakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan kepada Global FM Lombok, di Mataram Senin (8/01). Ia mengatakan, beberapa indicator IPM adalah kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Dari semua indicator tersebut, hal yang paling penting dilakukan untuk mendongkrak IPM tersebut adalah keterlibatan masyarakat dan meningkatkan kualitas guru.

Selain itu, sangat perlu untuk memperbaiki ekosistem pendidikan sehingga antar pelaku pendidikan bisa terus menerus meningkatkan kualitas dan mutunya.

“Pemerintah punya tanggung jawab konstitusional, Pemda punya tanggung jawab. Tapi yang tak kalah penting adalah melibatkan seluruh masyarakat. Saya ingin garis bawahi, tingkatkan kualitas guru. Perbaiki ekosistem pendidikan sehingga antar pelaku pendidikan itu berinteraksi dan terus menerus meningkatkan mutunya”, katanya.

Ia juga meminta agar para guru tidak melulu ingin mengajar di kota-kota besar namun juga memperhatikan pendidikan anak di daerah-daerah terpencil. Provinsi NTB termasuk daerah yang sebaran gurunya belum merata. Dimana, lebih banyak guru yang ingin mengajar di sekolah di kota dibandingkan dengan mengajar di desa. Akibatnya, tenaga guru yang ada di desa minim dan sangat jarang yang berstatus PNS. Menurut Anies, guru yang mengajar di pelosok negeri telah diberikan intensif. Selain itu, berbagai infrastruktur dasar seperti listrik dan air di daerah-daerah tersebut secara perlahan akan dibenahi oleh pemerintah.

“Sebenarnya dalam beberapa tahun ke depan akan berubah kok. Jadi guru jangan membayangkan tidak ada listrik, dan transportasi itu akan terus menerus tidak. Jadi kalau jadi guru mari mari kita lihat ke depan, justru jadilah vioner di daerah itus’, katanya. (irs)-

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply