Sampai Triwulan IV 2015, Ekonomi NTB Tumbuh 21 Persen

Kepala BPS NTB wahyudin

Kepala BPS NTB wahyudin

Mataram (Global FM Lombok)- Perekonomian Provinsi NTB sampai dengan triwulan IV-2015 mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan sebesar 21,24 persen.Pertumbuhan terjadi pada seluruh lapangan usaha khususnya pada lapangan usaha pertambangan dan penggalian mencapai pertumbuhan hingga 107persen. Selanjutnya pertumbuhan ditopang oleh Kategori Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 9,32 persen dan Kategori Informasi dan Komunikasi sebesar 8,34persen.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Wahyudin dalam eksposenya Jumat (5/2) siang. Wahyudin mengatakan, tingginya pertumbuhan pertambangan pada sub kategori pertambangan bijih logam, disebabkan oleh aktifitas perusahaan tambang PT NNT mengalami peningkatan produksi setelah tidak beroperasi sementara sejak pertengahan tahun 2014 lalu.

Sejak tahun 2000 hingga saat ini perekonomian Provinsi NTB sangat dipengaruhi oleh nilai tambah yang dihasilkan oleh sub kategori pertambangan bijih logam. Indikasi ini dapat dilihat jika nilai tambah sub kategori tersebut dieliminir dari komponen pembentuk PDRB NTB. Dengan mengeliminir nilai tambah sub kategori pertambangan bijih logam, maka pertumbuhan ekonomi Provinsi NTB tahun 2015 mencapai 5,62 persen. Sumber utama pertumbuhan ekonomi tersebut berasal dari kategoriPertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 1,26 poin, kemudian diikuti oleh kategorikonstruksi sebesar 0,82 poin. (ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply