Rinjani Dipastikan Jadi Geopark Dunia Tahun Ini

Kadis Budpar H.L.Moh Paozal

Kadis Budpar H.L.Moh Paozal

Mataram (Global FM Lombok)- Gunung Rinjani dipastikan akan ditetapkan menjadi taman bumi atau geopark dunia tahun 2016 ini oleh UNESCO. Semua dokumen persyaratan usulan menjadi geopark dunia tersebut telah dilengkapi oleh pemerintah daerah sejak tahun 2015 lalu. Pada Maret mendatang, tim dari UNESCO akan datang kembali ke NTB untuk melakukan verifikasi terhadap semua persayaratan tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Muhammad Paozal kepada Global FM Lombok, di sela-sela seminar menuju geopark Rinjani Kamis (28/01) di Mataram. Ia mengatakan, Pemprov NTB sudah membentuk tim pelaksana geopark yang akan mengelola geopark tersebut. Selain itu, dari segi infrastruktur telah ditetapkan jalur menuju geopark melalui jalur Pemenang, Bangsal sampai Sembalun yang telah ditetapkan sebagai jalan nasional yang mengidentifikasikan infrastruktur jalan telah terjamin.

“Sudah semua, sebenarnya 2015 itu sudah final. Semua perangkat yang dipersyaratkan oleh sudah siap. Malah kita jauh lebih siap dari Gunung Sewu ketika itu. Nah tahun 2016, persyaratan itu nanti tanggal 20 Maret tim UNESCOitu sudah datang lagi untuk kita melakukan ferivikasi ulang terhadap syarat-syarat itu”, katanya.

Ia mengakui bahwa setiap tiga tahun akan ada evaluasi dari UNESCO jika Rinjani telah ditetapkan sebagai geopark dunia. Karenanya, kelestarian ekosistem lingkungan geopark tersebut harus tetap terjaga dan harus dilakukan oleh semua stake holder. Selain itu, sebanyak 2 hektar lahan yang merupakan situs geologi di Batu Kliang Lombok Utara yang diklaim masyarakat juga sudah dibebaskan oleh pemerintah daerah. Rencananya lokasi itu akan dipagari dan dijadikan sebagai salah satu situs geopark.

Rinjani diusulkan menjadi calon geopark dunia sejak tahun 2014 lalu. Namun, oleh UNESCO setiap tahun masing-masing Negara hanya boleh mengusulkan dua calon geopark. Penetapan geopark Rinjani tertunda tahun lalu lantaran persyaratan gunung Sewu yang lebih dahulu diusulkan belum lengkap. Tahun lalu, Toba dan Sewu menjadi usulan geopark dari Indonesia ke UNESCO (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply