Antisipasi Banjir, Pengerukan Sungai di Batu Ringgi Sudah Mulai Dilakukan

Kondisi sungai unus kota Mataram

Kondisi sungai unus kota Mataram

Mataram (Global FM Lombok)-Pemerintah Kota Mataram mulai melakukan pengerukan sendimen di sungai Unus yang ada di lingkungan Batu Ringgit Kecamatan Sekarbela Senin (01/02) pagi. Pengerukan dilakukan untuk mengantisipasi luapan air saat musim hujan datang. Pemerintah Kota Mataram menggunakan alat berat untuk mengangkat sendimen di sungai tersebut.

Penjabat walikota Mataram Hj. Putu Selly Andayani kepada Global FM Lombok Senin (02/01) di Mataram mengatakan, setelah dilakukan normalisasi, pemerintah Kota Mataram akan membangun talud disepanjang sungai tersebut. Sendimen yang ada di sungai Unus cukup tinggi dan hasil pengerukan tersebut akan dibuang ke lokasi milik warga. Pengerukan sendimen ditargetkan akan diselesaikan selama seminggu kedepan. Karena panjang sungai yang akan dikeruk yaitu sekitar 1 km.

Menurut Selly, normalisasi sungai sebenarnya merupakan tugas Badan Wilayah Sungai (BWS). Namun, pemerintah Kota Mataram mengambil alih tanggung jawab tersebut karena sudah mendesak. Sementara untuk pembangunan talud akan di kordinasikan dengan BWS, karena pembangunan talud sungai merupakan tanggung jawab BWS.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram H. Mahmuddin Tura mengatakan, pemerintah Kota Mataram tidak mampu untuk membangun talud di semua sungai. Sehingga, direncanakan pemerintah Kota Mataram dan BWS akan sharing anggaran untuk proses pembangunan talud tersebut.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply