Ketua MUI : Perangi Paham Radikal dengan Pola Kontra Redikalisasi

Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin

Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin

Mataram (Global FM Lombok)- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin meminta agar semua ulama memerangi ideologi radikal yang kini sudah berkembang di Indonesia. Paham radikal yang berasal dari luar tersebut bisa dicegah dengan cara yang kongkrit seperti kontra radikalisme yang mengedepankan pendekatan keagamaan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin disela kegiatan Taaruf MUI NTB yang digelar di Asrama Haji Rabu (20/1) pagi. Ma’ruf Amin mengatakan, bagi orang yang sudah terkena ideologi radikal tersebut bisa ditangani dengan pola deradikalisasi disertai dengan proses hukum yang jelas. Namun demikian, yang paling penting yaitu upaya semua elemen masyarakat, terlebih kalangan ulama mencegah masuknya ideology tersebut dengan memperkuat ajaran agama yang sesungguhnya.

“ Itu harus ada langkah-langkah yang lebih kongkrit. Pertama kontra radikalime melalui pendekatan keagamaan karena biasanya salah pemahaman agama. Kemudian yang sudah terkena dilakukan deradikalisasi kemudian tentu ada tindakan-tindakan yang sifatnya eksekusi dan proses hukumnya.” Kata Ma’ruf Amin Rabu (20/1) di Mataram.

KH Ma’ruf Amin mengatakan, untuk mengembangkan Islam yang moderat serta melawan paham yang menyimpang dari ajaran Islam, MUI akan menyiapkan ribuan da’i di masing-masing provinsi. Mereka diharapkan bisa memberi edukasi kepada masyarakat agar bisa mengubah pandangan bahwa tindakan yang radikal itu menyimpang dari ajaran agama.

MUI juga sepakat dengan wacana pemisalan narapidana atau tahanan teroris dengan tahanan lainnya di lembaga pemasyarakatan agar mereka tidak menularkan ajaran radikalnya kepada orang lain. Karena banyak kasus, narapidana yang sudah keluar dari lapas justru mempraktekkan radikalisme karena mendapat ajaran tersebut di dalam lapas.(ris)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply