Tutup Rute BIL-Bandung, Citilink Tidak Konfirmasi Kepada Pemprov NTB

citilink

citilink

Mataram (Global FM Lombok)-Maskapai penerbangan nasional citilink secara resmi telah menutup penerbangan langsung Bandara International Lombok (BIL)-Bandung pada 10 Januari kemarin, dengan alasan merugi. Dengan demikian, untuk sementara tidak ada maskapai yang melayani penerbangan langsung dari BIL-Bandung. Hanya saja, management citilink tidak menginformasikan terlebih dahulu kepada Pemprov NTB, terkait dengan rencana penutupan maskapai yang beroperasi sejak Februari 2015 tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dishubkominfo NTB, Agung Hartono kepada Global FM Lombok, di kantor gubernur NTB Selasa (12/1). Ia mengatakan, jauh sebelumnya Pemprov NTB sudah mengumpulkan seluruh maskapai penerbangan di BIL untuk melayani rute BIL-Balik Papan dan BIL- Batam. Saat itu pihaknya tidak mendapatkan informasi dari management citilink atas rencana penutupan itu.

“Tidak informasi karena sebelumnya kita sudah kumpulkan semua, ayo kita semua yang menjadi andalan andalan kita ini yang belum dilayani Balikpapan misalnya, Batam. Memang dari semua ini mengalami penurunan’, katanya.

Agung mengatakan, alasan maskapai menutup penerbangan langsung itu karena load factornya di bawah 60 persen. Pada bulan Januari-Maret, memang loadfactor rata-rata maskapai tidak terlalu tinggi, berbeda halnya dengan bulan April hingga Desember. Adapun untuk citilink, Agung mengatakan bahwa penumpang hanya ramai pada hari Sabtu dan minggu, sementara untuk hari-hari lain cenderung sepi.

Saat ini, citilink hanya melayani rute BIL-Surabaya karena rute BIL-Bandung sudah ditutup dan sedang dievaluasi. Selain karena merugi, management citilink juga sedang melakukan rotasi pesawat. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply