KPU Evaluasi Tahapan Pilkada, Masyarakat Kritisi Persoalan Pemutakhiran DPT

Ketua KPU Kota Mataram Ainul Asikin

Ketua KPU Kota Mataram Ainul Asikin

Mataram (Global FM Lombok)-KPU Kota Mataram menggelar rapat evaluasi dan pelaporan pemilihan walikota dan wakil walikota Mataram tahun 2015 lalu dengan stakeholder Senin (11/01) pagi. Dalam rapat tersebut, permasalahan pemutakhiran daftar pemilih menjadi sorotan masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Mataram H. Ainul Asikin kepada Global FM Lombok Senin (01/11) di Mataram. Ia mengatakan, hasil dari evaluasi ini akan menjadi rekomendasi pada pelaksanaan pilkada selanjutnya. Karena pada tahun 2018 mendatang, provinsi NTB akan menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

“Kan perlu evaluasi public juga disamping evaluasi di intern kita, kita minta masukan dari masyarakat. Contohnya tadi ada masukan dari Satpol PP, masalah coklik itu. Itu yang jadi masalah pada pemutakhiran data pemilih itu. Rekomendasi dari public, untuk menjadi masukan pada pilkada selanjutnya. Kan pilkada gubernur 2018. Di Provinsi tanggal 30 Desember kemarin kita lakukan evaluasi. Provinsi menganjurkan kita untukevaluasi pulik ini,”katanya

Asikin menegaskan, hasil dari evaluasi ini tidak akan mempengaruhi hasil pemungutan suara yang sudah dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015 lalu. Karena KPU Kota Mataram sudah menetapkan pasangan Ahyar-Mohan atau Aman menjadi pasangan walikota dan wakil walikota terpilih. KPU Kota Mataram akan menyerahkan hasil evaluasi ini kepada KPU Provinsi NTB, KPU RI, Ketua DPRD Kota Mataram dan Penjabat walikota.

Peserta rapat evaluasi dan pelaporan terdiri dari Panwaslu, tokoh agama dan tokoh masyarakat, PPK se Kota Mataram, partai politik pengusung pasangan calon, akademisi, dan instansi terkait lainnya. Sementara terkait dengan pelantikan, Asikin mengakui hal itu merupakan kewenangan pemerintah Kota Mataram baik eksekutif maupun legislative.(azm)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply