Dua Investor Akan Bangun PLTU Kapasitas 300 MW di Pulau Lombok

PLTU Jeranjang Lombok

PLTU Jeranjang Lombok

Mataram (Global FM Lombok)- Sebanyak dua investor akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 300 MW di pulau Lombok. PLTU tersebut, akan dibangun di dua lokasi yakni di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara (KLU). PLTU tersebut diperkirakan akan memenuhi kebutuhan listrik di pulau Lombok, terutama saat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah dan Bandar Kayangan Lombok Utara telah selesai dibangun.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPMPT) NTB, Ridwansyah kepada Global FM Lombok, Senin (11/1). Ia menyebutkan, salah satu investor yang akan membangun PLTU di Desa Sukadana KLU adalah PT Adaro Energy dengan investasi sebesar Rp 1 triliyun. Sementara investor lainnya yang akan membangun PLTU di Lotim sedang mencari lokasi yang tepat dengan besaran investasi yang sama.

“Ada yang sudah datang yang berminat untuk membangun investasi di bidang ketenaga listrikan. Ada dua perusahaan yang mau membangun PLTU dengan kapasitas 2×150 MW. Rencananya di Lombok Utara sama di Lombok Timur. Itu satunya PMDN dan satunya PMA, dia sudang mencari lokasi ini, satunya yang di utara itu di Sukadana rencananya, ini yang sedang dia cari (yang di Lotim). Sebenarnya dimana saja kalau listrik ini bisa saja karena terkoneksi dia dengan PLN”, katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah memang sedang mendorong investasi di bidang kelistrikan. Pasalnya, perkembangan realisasi investasi di bidang lain tidak akan berjalan mulus tanpa ketersediaan infrastruktur listrik. Karenanya, Pemprov sudah berkoordinasi dengan Pemkab KLU dan Pemkab Lotim untuk memberi kemudahan bagi kedua investor dan tidak bertentangan dengan Perda RTRW di masing-masing Kabupaten. Selain itu, Pemprov juga sudah memfasilitasi kedua investor untuk bertemu dengan PLN NTB. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply