Tekan Inflasi, Pusat Berikan Bibit Cabai Untuk 100 Hektar ke Kota Mataram

bibit cabai

bibit cabai

Mataram (Global FM Lombok)-Pada tahun 2016 ini, pemerintah Kota Mataram mendapatkan bantuan bibit cabai untuk 100 hektar tanaman cabai dari pemerintah pusat. Bantuan bibit cabai ini diberikan untuk menekan inflasi yang kerap terjadi di Kota Mataram akibat melambungnya harga cabai.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H. Mutawalli kepada Global FM Lombok di Mataram. Ia mengatakan, inflasi yang sering terjadi di Kota Mataram tidak hanya disebabkan karena cabai melainkan beberapa kebutuhan lainnya seperti daging, beras dan beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya. Namun cabai sering menyumbang inflasi tertinggi di kota ini.

160109 Inflasi

“Pada tahun ini kita dapat cabai 100 hektar, masih butuh lahan itu ya nanti dilahanya petani. Untuk menekan inflasi yang diakibatkan oleh harga yang cabai yang selalu fluktuatif. Ini kita akan lelang. Maunya saya lelang Januari ini, sudah siap lelang ternyata ada perubahan juklak Juknisnya dari pemerintah pusat disuruh tunda. Jangan dulu. Ya kita pending lagi,”katanya

Mutawalli mengatakan, sebagian bibit cabai tersebut akan ditanam di Ruang Terbuka Hijau Pagutan. Pemerintah Kota Mataram akan melakukan lelang bibit cabai tersebut pada bulan Januari 2016 ini. Namun, karena ada perubahan petunjuk pelaksanan dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat, lelang tersebut ditunda. Menurut Mutawalli, system lelang yang akan dilakukan lebih efektif. Karena, bibit cabai sebanyak 100 hektar membutuhkan lahan yang cukup luas.

Jika bibit cabai dibagikan kepada masyarakat, ia tidak bisa memastikan apakah akan ditanaman atau tidak. Karena tidak semua masyarakat di Kota Mataram saat ini memiliki perkarangan rumah.(azm)-

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply