Sidak Pasar Modern, BBPOM Temukan Sejumlah Makanan Tidak Layak Konsumsi

Sidak BBPOM dan Disperindag dan Dikes Kota Mataram

Sidak BBPOM dan Disperindag dan Dikes Kota Mataram

Mataram (Global FM Lombok)-Menjelang perayaan natal dan tahun baru, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) melakukan pemeriksaan makanan di sejumlah pasar modern. Dari pemerikasaan yang dilakukan ditemukan sejumlah kemasan makanan dan minuman kaleng yang sudah penyok.

Demikian disampaikan Fungsional BBPOM Mataram Yogi Abaso Mataram kepada Global FM Lombok Selasa (12/22) di salah satu pasar modern. Ia mengatakan, selain kemasan rusak, sejumlah makanan juga ditemukan tanpa penandaan kadaluarsa. Karena setiap makanan kemasan harus memiliki tanda kadaluarsa dengan tujuan agar masyarakat mengetahui bahwa makanan itu masih layak konsumsi atau tidak.

“Ya misalnya dia karat itu kan, didalamnya timbul karatkan otomatis produk pangannya terkontaminasi. Alangkah bahanya kalau produk terkontaminasi karat itu FE3+ terkonsumsi oleh balita atau anak-anak. yang kita temukan kali ini adalah kemasan penyok untuk kemasan susu kaleng atau tanpa penandaan kadaluarsa. Biasanya didalam kemasangan terkecil itu kan harus tercantum kadaluarsa produk pangan sampai batas mana itu dikonsumsi,”katanya

Barang-barang yang ditemukan tidak layak konsumsi harus dikembalikan oleh pihak toko. Selanjutnya, BBPOM Mataram akan memberikan pembinaan kepada manajemen toko tersebut agar tidak lagi memajang barang-barang yang tidak layak jual. Namun, jika ditemukan kembali pihaknya akan memberikan sanksi.

Sementara itu Store Manager Giant Ario Prakoso mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti semua masukan dari BBPOM dan Diskoperindag Kota Mataram. Ia menilai, petugas toko sudah memeriksa barang-barang yang rusak. Namun terkait masih ada yang ditemukan oleh BBPOM Mataram hal tersebut tidak akan dijual lagi. Ia membantah jika pihak toko sengaja memajang barang dengan kemasa rusak untuk dijual. (azm)-

Sidak BBPOM dan Disperindag dan Dikes Kota Mataram

Sidak BBPOM dan Disperindag dan Dikes Kota Mataram

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply