Wapres Minta Pembangunan KEK Mandalika Lombok Dikebut

Wapres Jusuf Kalla

Wapres Jusuf Kalla

Praya (Global FM Lombok)- Wakil presiden Jusuf Kalla meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah (Loteng) pada Sabtu (132/12) siang. Didampingi gubernur NTB TGH.M.Zainul Majdi dan sejumlah menteri, Wapres mendengarkan pemaparan dari Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M.Mansoer terkait empat hotel kelas dunia yang rencananya akan dibangun di KEK Mandalika mulai tahun 2016 hingga akhir tahun 2018 mendatang, yakni Pullman hotel, Med Club, Lee’s hotel dan Jiva Samudera Biru.

Kepada wartawan, wakil presiden Jusuf Kalla meminta agar pembangunan KEK Mandalika dipercepat. Mengingat perencanaan pembanguannya sudah dari 25 tahun yang lalu. Apalagi, sekarang ini kondisi ekonomi Indonesia sudah mulai membaik sehingga pembangunan harus segera dilakukan. Menurut Wapress, dibandingkan dengan Nusa Dua Bali ketika awal pembangunannya, kesiapan KEK Mandalika lebih matang. Selain itu, antara konsep dan pembangunan infrastruktur juga harus berjalan beriringan untuk menarik minat investor.

“Dipercepat tentu, dulu (investor) mereka cuma minta tiga hal, air port kita sudah punya, jalan bagus dan listrik ini memang sudah cukup tapi akan lebih banyak dibutuhkan. Air, mereka hanya butuh itu dan semuanya sudah siap semuanya. Dulu kan agak lama karena bandaranya di Mataram, sejam lebih kesini sekarang bisa 30 menit lebih dekat. Jadi semuanya sudah jauh lebih lengkap yang ini dibanding Bali zaman dulu waktu di Nusa Dua itu karena rencana sudah 25 tahun lalu dimulai’, kata JK di Lombok Tengah Sabtu (12/12)

Meski tidak memastikan kapan waktunya, namun ia menjanjikan akan segera memperpanjang runway Bandara International Lombok (BIL) menjadi 3000 meter dari panjang saat ini 2.750 meter. Dengan demikian, pesawat berbadan jumbo bisa mendarat di BIL. Ia mengatakan, wisatawan yang masuk ke Indonesia sekarang ini baru 10 juta orang, tak sebanding dengan Negara-negara lain yang sudah mencapai belasan juta wisatawan.

KEK Mandalika ini, kata Wapres adalah adalah salah satu destinasi yang akan menjadi salah satu andalan, selain untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan namun juga untuk meratakan pertumbuhan ekonomi bangsa. Ia menyebutkan, terdapat tiga provinsi yang akan menjadi destinasi wisata andalan yakni di NTB, Bali juga dan pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply