Nilai Ekspor NTB Tanpa Konsentrat Tambang Turun Drastis

pengapalan konsentrat PT NNT beberapa waktu lalu

pengapalan konsentrat PT NNT beberapa waktu lalu

Mataram (Global FM Lombok)- Nilai ekspor provinsi NTB pada bulan November 2015 ini hanya sebesar 209 ribu dolar Amerika. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 88 persen jika dibanding dengan nilai ekspor bulan Oktober lalu yang bernilai 1,8 juta dolar Amerika. Penurunan nilai ekspor tersebut karena menurunnya barang tambang atau galian non migas sebesar 55 persen. Menurunnya nilai ekspor barang tambang bulan November karena ekpsor konsentrat milik PT NNT belum dilakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Wahyudin dalam rilisnya Selasa (15/12) siang. Wahyudin mengatakan, ekspor pada bulan November sebagian besar ditujukan ke Negara China, Hongkong dan Jepang. Adapun jenis barang yang diekspor dari NTB diantaranya berupa ikan dan udang senilai 83 ribu dolar Amerika, buah –buahan dan barang tambang batu apung.

“Kami coba mengkonfirmasi khususnya data ekspor tambang tembaga. Sampai bulan November memang belum ada ekspor. Walaupun izin ekspor sudah keluar dari pemerintah itu per tanggal 20 November 2015, kami mendapatkan informasi bahwa tanggal 30 November itu baru mereka masukkan kapal, belum dilakukan pelayaran. Jadi tanggal 2 Desember baru mereka keluar dari pelabuhan” kata Wahyudin Selasa (15/12)

Wahyudin mengatakan, barang-barang asal NTB yang diekspor ke luar negeri lebih banyak tercatat keluar dari daerah lain. Misalnya ikan dan udang dari perairan NTB diekpsor ke Hongkong melalui pelabuhan Tanjung Emas, buah-buahan dalam hal ini buah kelapa asal Lombok Utara dikirim ke China melalui pelabuhan Tanjung Perak. Begitu juga permata atau perhiasan yang dikirim ke Jepang melalui bandara Soekarno –Hatta.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply