Hotel Berbintang di Lombok Bergerak Menuju Halal Tourism

sunrise di Gili Trawangan

sunrise di Gili Trawangan

Mataram ( Global FM Lombok)- Sejumlah hotel berbintang di pulau Lombok sedang menyediakan beberapa fasilitas dalam rangka menyambut wisata halal atau halal tourism. Hotel berbintang itu diantaranya Kila, Santosa, Svarga, Santika dan lain-lain. Hotel Santosa di Senggigi misalnya sudah menyatakan diri zero alcohol, sementara Kila Senggigi membuat satu restoran khusus untuk halal tourism.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB Lalu Muhammad Paozal di Mataram. Paozal mengatakan, meskipun hotel berbintang didorong untuk menjadi halal tourism, namun space untuk wisatawan konvensional masih tetap ada.

Lalu Muhammad Paozal mengatakan, pihaknya bersama dengan Disperindag NTB menargetkan sebanyak 200 restoran di NTB sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada tahun 2015 ini. Termasuk di Bandara Internasional Lombok (BIL), terdapat 18 outlet disana yang sudah siap dilakukan audit untuk keperluan sertifikasi halal tersebut.

Dia mengatakan, tahun 2016 mendatang, target kunjungan wisatawan yang datang ke NTB sebanyak 3 juta orang baik domestik maupun mancanegara. Khusus wisatawan mancanegara, sebanyak 20 persennya berasal dari muslim traveler dari berbagai Negara di dunia. Karena pasar wisatawan Muslim tidak hanya berasal dari Timur Tengah, namun wisatawan muslim juga berasal dari Eropa, Australia dan Negara-negara Asia Tenggara lainnya.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply