Pemprov NTB Optimis Tutup Tahun 2015 Tengan 2 Juta Angka Kunjungan Wisatawan

wisatawan asing sedang menyaksikan Festival Senggigi beberapa bulan lalu

wisatawan asing sedang menyaksikan Festival Senggigi beberapa bulan lalu

Mataram (Global FM Lombok)-Meski sempat mengalami kelesuan akibat larangan rapat di hotel oleh Kemen PAN RB dan meletusnya gunung Baru Jari Lombok beberapa waktu lalu, Pemprov NTB optimis angka kunjungan wisatawan yang datang berkunjung ke daerah ini pada tahun 2015 mencapai dua juta wisatawan. Di pertengahan Desember ini,angka kunjungan wisatawan diklaim sudah mencapai 1,8 juta orang.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Lalu Muhammad Paozal kepada wartawan di Mataram, Jum’at (11/12) pagi. Ia mengatakan, paling tidak di tahun 2015 ini terdapat sembilan waktu libur panjang yang berada pada akhir pekan. Belum lagi ada 24 kapal besar dari luar daerah yang membawa para wisatawan mancanegara sudah masuk ke dalam daerah.
Berdasarkan hitungan, satu kapal besar itu bisa mengangkut wisatawan sebanyak 500 sampai seribu orang. Begitu pula dengan 24 fast boat di Gili Trawangan dan Senggigi yang memuat 80 sampai 100 orang per hari.
“Dengan berbagai pasang surutnya kita akan mengakhiri 2015 dengan angka 2 juta wisatawan. Mau percaya atau tidak, nanti BPS yang menghitung. Tidak saya menghayal dengan dua juta itu. 24 kapal cruses sudah masuk sampai bulan Desember. Hitungan kita satu kapal cruses itu membawa antara 500 sampai seribu wisatawan’ kata Paozal.
Ia menambahkan, sekarang ini Disbudpar bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB sedang melakukan pendataan terakhir angka kunjungan wisatawan di lima pintu masuk, yakni Bandara International Lombok (BIL), Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Tiga Gili, Senggigi dan Pelabuhan Sape Kabupaten Bima. Tahun 2016 mendatang, Disbudpar menargetkan angka kunjungan wisatawan sebanyak 3 juta orang dengan rincian target 40 persen wisatawan mancanegara dan 60 persen wisatawan domestik. (irs)-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply