Nihil Galian Tambang, Nilai Ekpor NTB Bulan Oktober Terjun Bebas

Seorang mengunjung melihat lokasi galian tambang PT Newmont Nusa Tenggara

Seorang mengunjung melihat lokasi galian tambang PT Newmont Nusa Tenggara

Mataram (Global FM Lombok)-Nilai ekspor Provinsi NTB pada bulan Oktober 2015 hanya 1,8 juta dolar Amerika. Angka ini mengalami penurunan sangat tajam yaitu sebesar 98,76 persen jika dibandingkan dengan nilai ekspor bulan September 2015 yang bernilai 146 juta dolar Amarika. Menurunnya ekspor bulan Oktober ini lantaran tidak adanya pengiriman konsentrat milik PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Wahyudin dalam rilisnya Senin (16/11) siang. Wahyudin mengatakan, izin ekspor PT NNT berakhir pada bulan September, sehingga pada bulan Oktober belum melakukan pengiriman konsentrat. Akibat merosotnya nilai ekspor NTB bulan Oktober, neraca perdagangan luar negeri NTB pada bulan itu mengalami devisit sebesar 21,6 juta dolar Amerika.

Wahyudin mengatakan, jenis barang yang diekspor pada bulan Oktober sebagian besar senilai 1,3 juta dolar Amerika atau 76,71 persen berupa gandum-ganduman, perhiasan/permata sebesar 16 persen dan barang tambang / galian non migas hanya sebesar 2,2 persen..

Sementara itu, nilai Impor pada bulan Oktober 2015 bernilai 23 juta dolar Amerika. Nilai ini mengalami peningkatan 17 persen dibanding dengan Bulan September 2015 yang sebesar 19,9 juta dolar Amerika. Sebagian besar Impor berasal dari Negara Cina, Jepang dan Australia.(ris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply