Satu Pekan Ditutup, BIL Akhirnya Beroperasi Kembali

Bandara Internasional Lombok

Bandara Internasional Lombok

Mataram (Global FM Lombok)- Setelah ditutup selama satu pekan lebih, Bandara International Lombok (BIL) akhirnya dibuka pada Kamis (12/11) jam 8:45 pagi. Keputusan dibukanya bandara tersebut, berdasarkan hasil keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa penerbangan dinyatakan aman karena arah angin menuju ke barat laut. Hal itu memastikan bahwa abu vulkanik Gunung Baru Jari yang selama seminggu menutupi jalur penerbangan BIL sudah tidak ada lagi.

Demikian disampaikan Humas BIL, Gede Eka Sandi dihubungi Global FM Lombok, di Mataram Kamis (12/11) sore. Ia mengatakan, dengan dibukanya BIL, penumpang yang batal berangkat telah mengurus kembali tiketnya. Terhitung sejak dibuka pada jam 8:45 pagi hingga jam 6 sore, pesawat yang berangkat dan datang melalui BIL sebanyak 31 penerbangan. Dengan rincian keberangkatan sebanyak 16 penerbangan dan 15 kedatangan.

Pihaknya memperkirakan BIL akan kembali beroperasi normal pada Jum’at (13/11) ini. Hal itu karena saat ini maskapai penerbangan belum sepenuhnya stanbay mengingat penutupan BIL mencapai satu minggu lebih. Selain itu, otoritas bandara juga masih tetap melakukan evaluasi setiap tiga jam sehari untuk memastikan keamanan penerbangan. Hal itu mengingat letusan Gunung Baru Jari masih terjadi.

Ia juga mengungkapkan bahwa sejak ditutup pada tanggal 4 November hingga 10 November kemarin, kerugian yang dialami oleh PT Angkasa Pura I mencapai Rp 3 milyar lebih. Jumlah itu diperkirakan meningkat jika dikalkulasikan dengan kerugian yang dialami oleh maskapai penerbangan. (irs)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply