Maskapai Penerbangan Air Asia Rute BIL-Johor Malaysia Tutup

Kadisbudpar NTB Lalu M Paozal

Kadisbudpar NTB Lalu M Paozal

Mataram (Global FM Lombok)-Sejak tanggal 22 Oktober 2015 lalu, maskapai penerbangan Air Asia rute Bandara International Lombok (BIL)- Johor Baru Malaysia ditutup. Penutupan ini terjadi lantaran ada persoalan bisnis di internal maskapai Air Asia Indonesia. Sekarang ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sedang mengupayakan agar maskapai penerbangan Batik Air atau maskapai Malindo bersedia menggantikan Air Asia untuk melayani rute penerbangan yang sebagian besar diisi oleh para TKI tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Lalu Muhammad Paozal kepada Global FM Lombok, di kantor gubernur NTB, Rabu (11/11) kemarin. Ia memastikan, penutupan rute BIL-Johor Baru ini tidak berpengaruh terhadap angka kunjungan wisatawan asal Malaysia ke daerah ini. Pasalnya, penerbangan ke Johor Baru tersebut sudah terlayani oleh Air Asia rute Lombok – Kuala Lumpur sebanyak 2 kali sehari. Selain itu, Silk Air rute Singapura – Lombok masih tetap terlayani sehingga warga Johor Baru yang ingin datang ke Lombok bisa melalui penerbangan Silk Air.

“Air Asia itu sedang trouble bisnis dia. Jadi Air Asia itu ditutup dia merger dengan Air Asia. Jadi tidak ada lagi Air Asia Indonesia tapi sudah menjadi satu Air Asia itu berdampak pada banyak jalur yang mereka re schedule. Masalah kedua Johor baru ini, otoritas bandara Johor itu ternyata bukan otoritas permanen kerajaan kerajaan Malaysia, tetapi milik ke sultanan Johor, sehingga se waktu-waktu mereka isa mengtur flight disana’,katanya.

Paozal mengatakan, penutupan rute BIL-Johor Baru ini murni karena faktor bisnis di internal Air Asia. Hingga September lalu, tercatat load faktor atau tingkat keterisian maskapai penerbangan tersebut mencapai 60 persen, sehingga tidak mungkin akan merugi. (irs)­-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply