KUR Untuk UMKM di NTB Melalui BRI Sudah Tersalur 152 Miliar

Workshop Pembekalan untuk UMKM di Mataram

Workshop Pembekalan untuk UMKM di Mataram

Mataram ( Global FM Lombok)- Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi andalan permodalan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, termasuk pelaku usaha di wilayah NTB. Sampai bulan Oktober kemarin, jumlah KUR yang sudah tersalurkan ke UMKM di NTB melalui BRI tercatat sebanyak Rp 152 miliar dengan jumlah debitur sebanyak 8.892 debitur.

Hal tersebut disampaikan wakil pimpinan wilayah BRI Denpasar Agung Yugopratmo dalam seminar pembekalan UMKM yang digelar di Mataram Selasa (3/11). Dia mengatakan, untuk Kanwil BRI Denpasar yang membawahi Bali, NTB dan NTT, jumlah KUR yang ditergetkan sebesar Rp 1,2 triliun dengan rincian KUR mikro sebesar Rp 888 miliar dan KUR Ritel sebesar Rp 289 miliar.

Agung optimis target serapan KUR bisa tercapai hingga akhir Desember 2015 ini, mengingat sudah ada beberapa kantor cabang BRI di wilayah Bali dan NTB yang sudah mencapai angka 100 persen. Di NTB, realisasi KUR yang sudah mencapai 100 persen hingga bulan Oktober yaitu di kabupaten Dompu.

Dia menyebutkan, sector UMKM di Indonesia memiliki peran yang strategis dalam perekonomian nasional. Bahkan sumbangan UMKM di ASEAN terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di masing-masing Negara bahkan pada kisaran angka 30 sampai 57 persen. Sedangkan terhadap penyerapan tenaga kerja memiliki kontribusi sekitar 50 hingga 98 persen. Dengan demikian dorongan pemerintah untuk mengembangkan sektor UMKM terus digalakkan, salah satunya melalui pembiayaan KUR.(ris)

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply