Bulan September, Penumpang Udara dan Laut di NTB Merosot

Kepala BPS NTB wahyudin ( tengah)

Kepala BPS NTB wahyudin ( tengah)

Mataram (Global FM Lombok)- Pada bulan September 2015, jumlah penumpang angkutan udara maupun angkutan laut secara umum menurun. Misalnya penumpang yang datang menggunakan angkutan laut pada bulan itu sebanyak 8 ribuan orang atau turun sebesar 68 persen. Penumpang yang berangkat dari NTB menuju luar daerah juga turun sebesar 66 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB Wahyudin dalam rilisnya Senin ( 2/11) siang. Wahyudin mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab menurunnya jumlah penumpang udara dan laut pada bulan September. Namun secara umum, pengguna transportasi baik laut dan udara cenderung fluktuatif. Artinya setiap bulan sering terjadi turun naik jumlah penumpang.

Untuk transportasi udara, jumlah penumpang yang datang melalui penerbangan domestic sebanyak 109 ribu penumpang lebih atau turun 8 persen dari jumlah penumpang bulan Agustus. Sementara jumlah penumpang yang berangkat melalui penerbangan domestic sebanyak 112 ribu orang atau turun sebesar 17 persen dari keadaan bulan Agustus.

Meski penumpang udara di penerbangan domestic turun, namun di penerbangan internasional justru mengalami kenaikan. Jumlah penumpang yang datang melalui penerbangan internasional meningkat sebesar 11 persen lebih di bulan September dibanding bulan sebelumnya.

Menurut Wahyudin, peningkatan jumlah penumpang internasional ini ada kaitannya dengan harga rupiah yang sempat anjlok atas dolar Amerika. Dimana banyak WNA datang ke Indonesia untuk berwisata dan berbelanja karena dolar yang mereka bawa akan memberikam banyak manfaat di Indonesia.(ris)-

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Kirim Komentar

Leave a Reply